Alimin, Rasmayani (2019) PENGARUH PENDIDIKAN KEUANGAN DI KELUARGA DAN PEMBELAJARAN DI PERGURUAN TINGGI TERHADAP LITERASI KEUANGAN MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI S1 FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.
|
Text
Jurnal_Rasmayani Alimin_1492140006.pdf Download (346kB) | Preview |
Abstract
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendidikan keuangan di keluarga dan pembelajaran di perguruan tinggi terhadap literasi keuangan mahasiswa jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang masih terdaftar dan aktif pada jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar, sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi S1 Angkatan 2016, 2017, dan 2018. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, penyebaran angket/kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, uji koefisien determinasi (R2), uji t, dan uji f dengan bantuan SPSS 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pendidikan keuangan di keluarga dan pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Secara simultan, pendidikan keuangan di keluarga dan pembelajaran di perguruan tinggi berpengaruh positif dan signifikan terhadap literasi keuangan mahasiswa jurusan Akuntansi S1 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Kata kunci : Pendidikan Keuangan Di Keluarga, Pembelajaran Di Perguruan Tinggi, dan Literasi Keuangan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi |
Divisions: | FAKULTAS EKONOMI |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 06:40 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 06:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14716 |
Actions (login required)
View Item |