Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa

Burhanuddin, Burhanuddin (2018) Pengunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tebak Kata dalam Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Siswa. Indonesian Journal of Educational Studies Vol.21, No.2, December 2018, 21 (2). pp. 133-138.

[img]
Preview
Text
PENGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEBAK KATA DALAM KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN SISWA.pdf

Download (211kB) | Preview

Abstract

Abstrak. Tujuan penelitian ini adalah untuk memeroleh data tentang keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Semen Tonasa yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 97 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah Random Sampling, yaitu siswa kelas XI IPS 2 yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI IPS I yang berjumlah 28 siswa sebagai kelas kontrol. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan rumus uji-t. Hasil analisis data menunjukan (t hitung 3,34>t tabel 2,005 pada taraf signifikan α 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe tebak kata efektif dalam keterampilan berbicara bahasa Jerman siswa. Kata Kunci : Keefektifan, Model Kooperatif, Tipe Tebak Kata.

Item Type: Article
Subjects: FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 28 Aug 2019 04:04
Last Modified: 28 Aug 2019 04:04
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14705

Actions (login required)

View Item View Item