Rahmawati, Rahmawati 1, (2019) Deskripsi Kesulitan Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Segi Kemampuan Koneksi Matematika Siswa. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (651kB) | Preview |
Abstract
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui deskripsi kesulitan siswa dalam belajar matematika pada pokok bahasan bangun datar ditinjau dari segi kemampuan koneksi matematika siswa. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif. Pengambilan subjek dilakukan dengan memberikan lembar tes kemampuan koneksi matematika kepada siswa kelas VIII yang kemudian dari hasil tersebut dipilih secara purposive 5 subjek. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes kemampuan koneksi, tes diagnostik kesulitan belajar dan pedoman wawancara. Indikator kesulitan belajar yaitu abnormalitas persepsi visual, gangguan hubungan keruangan, asosiasi visual-motor, kesulitan memahami simbol, kesulitan bahasa dan membaca. Hasil penelitian menunjukkan : 1) subjek dengan kemampuan koneksi matematika baik sekali mengalami gangguan hubungan keruangan, 2) subjek dengan kemampuan koneksi matematika baik mengalami gangguan hubungan keruangan dan asosiasi visual motor, 3) subjek dengan kemampuan koneksi matematika cukup mengalami abnormalitas persepsi visual, gangguan hubungan keruangan dan asosiasi visual motor, 4) subjek dengan kemampuan koneksi matematika kurang mengalami gangguan hubungan keruangan, asosiasi visual motor, abnormalitas persepsi visual, kesulitan bahasa dan membaca, 5) subjek dengan kemampuan koneksi matematika sangat kurang mengalami kesulitan disemua indikator kesulitan belajar. Kata Kunci: Deskripsi, Kesulitan Belajar, Kemampuan Koneksi, Matematika, Bangun Datar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FMIPA > PENDIDIKAN MATEMATIKA - (S1) |
Divisions: | FAKULTAS MIPA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 28 Aug 2019 01:33 |
Last Modified: | 28 Aug 2019 01:33 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14695 |
Actions (login required)
View Item |