PENGARUH PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI

Awaliyah, Nurul Qalbi (2019) PENGARUH PENGUNGKAPAN ENTERPRISE RISK MANAGEMENT DAN INTELLECTUAL CAPITAL TERHADAP NILAI PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal_Nurul Qalbi Awaliyah_1492141012.pdf

Download (383kB) | Preview

Abstract

Abstrak Pengaruh Pengungkapan Enterprise Risk Management dan Intellectual Capital terhadap Nilai Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI. Skripsi. Program Studi Akuntansi. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Makassar. Pembimbing: Drs. H. M. Anwar Kadir, M. Ak dan Nur Afiah, SE.,M.Si.,Ak.,CA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengungkapan enterprise risk management dan intellectual capital terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di BEI. Variabel penelitian ini adalah pengungkapan enterprise risk management (X1) dan pengungkapan intellectual capital (X2) sebagai variabel independen yang diukur dengan indeks pengungkapan enterprise risk management dan indeks pengungkapan intellectual capital dan nilai perusahaan (Y) sebagai variabel dependen yang diukur dengan Tobin’s Q. Sampel dipilih menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan 32 perusahaan pertambangan sebagai sampel. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji asumsi klasik, uji regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial pengungkapan enterprise risk management berpengaruh negatif dan pengungkapan intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018. Secara simultan, pengungkapan enterprise risk management dan pengungkapan intellectual capital berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018. Kata kunci: enterprise risk management, intellectual capital, dan nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:11
Last Modified: 27 Aug 2019 02:11
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14670

Actions (login required)

View Item View Item