Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis konstruktivisme setting kooperatif

RAFIQAH, RAFIQAH (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis konstruktivisme setting kooperatif. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Rafiqah.docx

Download (12kB)

ABSTRAK RAFIQAH. Pengembangan perangkat pembelajaran fisika berbasis konstruktivisme setting kooperatif (Dibimbing oleh Jasruddin dan Aslim) Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (research development) yang menghasilkan perangkat pembelajaran yaitu : (1) Silabus, (2) Rencana Pelaksanaan Perkuliahan (RPP), (3) Buku Mahasiswa. Pengembangan model perangkat yang digunakan mengacu pada model 4-D dengan adaptasi 3-D yang terdiri dari tiga tahap, yaitu: (1) pendefinisian (define), (2) perancangan (design) dan (3) pengembangan (develop) . Penelitian ini menggunakan desain kelompok tunggal dengan pretest posttest untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa dalam pokok bahasan dinamika. Pada tes hasil belajar diberikan tes sebelum diajarkan (Pre test) melalui pendekatan konstruktivisme setting kooperatif dan tes setelah diajarkan melalui pendekatan konstruktivisme setting kooperatif (Post test). Penelitian ini dilaksanakan di UIN Alauddin Makassar Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Jurusan Pendidikan Fisika. Data yang diperoleh dianalisis secara statistik deskriptif. Statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis kevalidan perangkat pembelajaran dan peningkatan hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan meliputi silabus, RPP, dan buku mahaisswa setelah melalui validasi para ahli dan uji coba terbatas, maka perangkat pembelajaran ini dinyatakan valid, praktis dan efektif sehingga layak untuk digunakan pada pembelajaran fisika khususnya materi Dinamika. Dengan kesimpulan : a) bentuk perangkat pembelajaran yang valid, praktis dan efektif, b) perangkat pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa. Hasil deskriptif penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan perangkat pembelajaran berada pada kategori terlaksana seluruhnya. Dengan demikian, penggunaan perangkat pembelajaran berbasis konstruktivisme setting kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar fisika mahasiswa. Maka berdasarkan temuan penelitian ini, disarankan para dosen dalam Jurusan Pend. Fisika fak.Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar dapat mengaplikasikan langkah-langkah pengembangan ini sesuai dengan bidang ajarnya masing-masing dalam rangka meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan hasilnya.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:37
Last Modified: 05 Dec 2016 01:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1467

Actions (login required)

View Item View Item