FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA MAKASSAR

, RAMADHANI, HASRI (2019) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENGAMBILAN KREDIT USAHA RAKYAT (KUR) USAHA MIKRO KECIL DAN MENENGAH (UMKM) DI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL HASRI RAMADHANI 1592141036.pdf

Download (437kB) | Preview

Abstract

RINGKASAN HASRI, RAMADHANI. 2019. Faktor-Faktor yang mempengaruhi pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di kota Makassar. Dibimbing oleh Ibu Dr. Hj. Nur Eni P, S.E., M.SA., Ak., CA. & Bapak Drs.H.M. Anwar Kadir, M.Ak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor-faktor Suku Bunga, Administrasi dan Pelayanan, Lingkungan/Rekomendasi, dan Jangka Waktu, terhadap pengambilan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Usaha Mikro Kecil Dan Menengah (UMKM) di Kota Makassar,baik secara simultan maupun secara parsial, serta untuk mengetahui faktor yang paling dominan terhadap pengambilan KUR UMKM di kota Makassar. Populasi dalam penelitian ini adalah UMKM yang terdiri atas usaha dagang, jasa dan manufaktur, yang telah menikmati Kredit Usaha Rakyat (KUR). Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 115 responden yang tersebar di Kota Makassar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, sumber data yaitu data primer. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan membagikan pada UMKM yang telah menikmati dana KUR dari berbagai lembaga keuangan, metode analisis menggunakan regresi linear berganda, uji asumsi klasik, serta uji F dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Suku Bunga, Adminsitrasi dan Pelayanan, Lingkungan/Rekomendasi, dan Jangka Waktu berpengaruh secara simultan terhadap pengambilan KUR UMKM, . Namun hasil uji t menunjukkan bahwa Suku Bunga, Administrasi dan Pelayanan berpengaruh terhadap pengambilan KUR UMKM, sedangkan Lingkungan/Rekomendasi dan Jangka Waktu tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap pengambilan KUR UMKM di kota Makassar, faktor yang paling berpengaruh adalah faktor Suku Bunga. Kata Kunci : KUR, UMKM, Suku Bunga, Administrasi dan Pelayanan, Lingkungan/Rekomendasi, dan Jangka Waktu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Akuntansi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 27 Aug 2019 01:12
Last Modified: 27 Aug 2019 01:12
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14669

Actions (login required)

View Item View Item