Peranan Tutor Sebaya dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 12 Bulukumba

JUSRIANTI, JUSRIANTI (2015) Peranan Tutor Sebaya dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 12 Bulukumba. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
Jusrianti.docx

Download (16kB)

ABSTRAK JUSRIANTI. Peranan Tutor Sebaya dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD) terhadap Peningkatan Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 12 Bulukumba. (Dibimbing oleh Prof. Dr. H. Muris, M. Si dan Dra. Hj. Nurhayati, M. Si ). Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar fisika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya; (ii) mengetahui besar peningkatan hasil belajar setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD; (iii) perbedaan peningkatan hasil belajar antara peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya pada peserta didik kelas X SMA Negeri 12 Bulukumba tahun ajaran 2012/2013. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen semu (Quasi Eksperimen). Populasinya adalah seluruh kelas X SMA Negeri 12 Bulukumba tahun ajaran 2012/2013 yang terdiri dari empat kelas dengan jumlah peserta didik 134 orang. Sampel penelitian ini diambil dengan teknik penunjukan langsung dengan alasan tidak memungkinkan melakukan pengacakan sampel di sekolah itu dan terpilih kelas X3 sebagai kelas eksperimen l dengan jumlah peserta didik 32 orang, yang diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya, dan kelas X1 sebagai kelas eksperimen 2 dengan jumlah peserta didik 32 orang, diberikan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pengumpulan data dilakukan melalui tes hasil belajar yang berbentuk pilihan ganda kemudian data dianalisis melalui statistik deskriptif – infrensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) peningkatan hasil belajar fisika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD sebesar 56 % dengan kategori sedang; (ii) peningkatan hasil belajar fisika setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya sebesar 67 % dengan kategori sedang; (iii) Hipotesis yang diuji dengan menggunakan analisis infrensial didapatkan t hitung sebesar 3.918 dan dari tabel distribusi dengan taraf kesalahan α = 5 % yang dilakukan dengan interpolasi didapatkan t tabel sebesar 1.981, sehingga terdapat perbedaan yang signifikan dalam hal peningkatan hasil belajar fisika peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dengan tutor sebaya . ABSTRACT JUSRIANTI. The Role of Peer Tutors in Students Teams Achievement Division (STAD) Cooperative Learning Model toward Learning Outcomes of the Students at SMA Negeri 12 Bulukumba. (Supervised by H. Muris and Hj. Nurhayati). A research has been conducted by the purposes to (i) find out the level of students’ learning outcomes on physics after been taught by using STAD cooperative learning with peer tutors; (ii) find out the level of students’ learning outcomes on physics after been taught by using STAD cooperative learning without peer tutors; (iii) the difference of learning outcomes of students who were taught by using STAD cooperative learning with peer tutors and without peer tutors. This is a quasi-experimental research by which consisted of 134 students. Samples were taken with the technique of direct selection by reason of the impossibility to do randomization in the school and classroom X3 was selected as the experimental class 1 with number of 32 students, who were given STAD cooperative learning with peer tutors; and classes X1 as an experimental class 2 with a number of 32 students, who were given STAD cooperative learning. Data were collected through test of learning outcomes in multiple choices and then analyzed by descriptive-inferential statistics. This research shows that (i) students learning outcomes of physics after the implementation of STAD cooperative learning increase to 56 % which is classified as fair; (ii) through the implementation of STAD cooperative learning with peer tutors, student’s learning outcomes is increase to 67 %, also in fair category; (iii) the hypothesis which is tested by inferential analysis shows t-count = 3.918 and from the distribution table by a standard of deviation α = 5 % which is conducted by interpolation shows the t-table = 1.981, therefore it is indicated that there is significant difference of physics learning outcomes of students who were taught by employing STAD cooperative learning and students who were taught by employing STAD cooperative learning with peer tutors.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FMIPA > FISIKA - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 01:28
Last Modified: 05 Dec 2016 01:28
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1464

Actions (login required)

View Item View Item