Ekayanti, Ekayanti (2019) ANALISIS KESALAHAN MAKHARIJUL HURUF DALAM KEMAMPUAN MEMBACA KALIMAT SEDERHANA PADA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB SISWA KELAS X IPA SMA MUHAMMADIYAH 1 UNISMUH MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
|
Text
ARTIKEL.pdf Download (648kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk analisis kesalahan pengucapan makharijul huruf di SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar. Rumusan masaah penelitian ini adalah bagaimana ketepatan pengucapan makharijul huruf siswa dalam kemampuan membaca kalimat sederhana dan apa faktor kesalahan pengucapan tersebut.Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar . Sampel penelitian ini adalah Siswa Kelas X IPA SMA Muhammadiyah 1 UNISMUH Makassar dengan jumlah 30 siswa.kesalahan siswa dalam pengucapan makharijul huruf sebanyak 357 Kesalahan-kesalahan tersebut terdiri dari kesalahan pada pengucapan yang tidak sesuai dengan Al-Jauf (Rongga Mulut) berada pada kategori sangat rendah, yaitu 1 kesalahan dari keseluruhan kesalahan 357 siswa dengan persentase 0,28%. Adapun kesalahan pada ) Al-Halq (Tenggorokan) berada pada kategori rendah, yaitu 136 dengan persentase 38,09%, AL-Lisan (Lidah) berada pada kategori tinggi, yaitu 220 dengan persentase 61,62%, Asy-syafatain pada kategori sangat rendah, yaitu 0 dengan persentase 0%, dan Al-Khaisyum berada pada kategori sangat rendah, yaitu 0 kesalahan dengan persentase 0%. Dan faktor yang menyebabkan kesalahan tersebut adalah siswa belum mampu membedakan antara bunyi satu huruf dengan huruf yang lainnya dan belum terbiasa mengucapkan huruf yang tidak terdapat dalam bahasa Indonesia. Kata Kunci: Analisis Kesalahan, Makhorijul Huruf, Bahasa Arab
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Divisions: | FAKULTAS BAHASA DAN SASTRA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 20 Aug 2019 00:40 |
Last Modified: | 20 Aug 2019 00:40 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14607 |
Actions (login required)
View Item |