PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTERNALISASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAPKARAKTER ISLAMI DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN 2 BARRU (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi)

Maje, Fitriani (2019) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERINTERNALISASI AYAT-AYAT AL-QUR’AN TERHADAPKARAKTER ISLAMI DAN PEMAHAMAN KONSEP KIMIA PESERTA DIDIK KELAS XI MIA MAN 2 BARRU (Studi Pada Materi Pokok Laju Reaksi). S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (601kB) | Preview

Abstract

digunakan yaitu Pretest –Postest Control-Group Design, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat ayat Al-Qur’an terhadap karakter islami dan pemahaman konsep kimia peserta didik kelas XI MIA MAN 2 Barru. Dengan Subjek penelitian yaitu kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen yang dibelajarkan dengan model inkuiri terinternalisasi Ayat-Ayat Al-Qur’an dan kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol yang dibelajarkan dengan model inkuiri tanpa internalisasi Ayat-Ayat AlQur’an. Data dianalisis secara deskriptif dan inferensial.Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) Nilai rata-rata karakter islami kelas eksperimen aspek syukur, jujur, santun, dan rendah hati pada kelas ekesperimen tidak memiliki kriteria kurang sekali sedangkan pada kelas kontrol memiliki kriteria kurang dan kurang sekali, 2) Persentase pemahaman konsep laju reaksi pada kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri terinternalisasi ayat-ayat Al-Qur’an adalah 78 berada pada kategori baik sedangkan untuk kelas yang dibelajarkan dengan model inkuiri tanpa internalisasi ayat-ayat Al-Qur’an materi laju reaksi adalah 69 berada pada kategori cukup, 3) Hasil pengujian hipotesis untuk karakter islami α = 0,05 diperoleh nilai thitung 6,067 > ttabel 2,003 dan signifikansi (0,000< 0,05) menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima, sedangkan pengujian hipotesis untuk pemahaman konsep dengan uji-t pada taraf signifikan, α = 0,05 diperoleh nilai thitung 2,117 > ttabel 2,003 dan signifikansi (0,034< 0,05), menunjukkan H0 ditolak dan H1 diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pnggunaan model pembelajaran inkuiri terinternalisasi ayat ayat Al’qur’an berpengaruh terhadap karakter islami dan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci :Model Pembelajaran Inkuiri, Karakter Islami, Pemahaman Konsep

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Aug 2019 06:47
Last Modified: 19 Aug 2019 06:47
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14605

Actions (login required)

View Item View Item