ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X) Widiastuti

Widiastuti, Widiastuti (2019) ANALISIS CIRI KEILMIAHAN TEKS AKADEMIK PADA TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI (BUKU TEKS PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X) Widiastuti. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
4. ARTIKEL.pdf

Download (221kB) | Preview

Abstract

Abstrak Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kadar keilmiahan teks akadamik pada teks laporan hasil observasi (buku teks pelajaran bahasa Indonesia kelas X edisi revisi tahun 2017) di lihat berdasarkan kesederhanaan struktur dan kepadatan informasi. Jenis penelitian ini tergolong dalam penelitian kualitatif dalam bentuk deskriptif dengan teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, teknik baca, dan teknik catat melalui sumber-sumber tertulis berupa teks akademik. Adapun sumber datanya diperoleh dari buku teks pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK kelas X Edisi Revisi 2017. Penyajian hasil dan analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan linguistik sistemik fungsional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat keilmiahan teks laporan hasil observasi yang terdapat pada buku teks pelajaran bahasa Indonesia Kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK dilihat dari kesederhanaan struktur dan kepadatan informasi dikategorikan cukup ilmiah. Hal ini dibuktikan oleh penggunaan kalimat sederhana dalam hal struktur sebanyak 61 kalimat simpleks dan 12 kalimat kompleks yang berhubungan secara hipotaksis dari 141 kalimat secara keseluruhan. Kesederhanaan struktur yang dimiliki teks akademik yang terdapat pada teks LHO melalui penggunaan kalimat simpleks dan kompleks hipotaksis sebanyak 73 kalimat dengan jumlah persentase 51,77%; (2) dilihat dari kepadatan informasi dikategorikan cukup ilmiah melalui penggunaan kata leksikal yang lebih dominan digunakan daripada kata struktural dengan jumlah sampel yang diambil 10,63% yaitu 239 kata leksikal (76,6%), selanjutnya dari sisi penominalisasian, kelimiahan teks akademik dibuktikan dengan kalimat penominalisasian sebanyak 71 dari 141 kalimat dengan jumlah persentase sebanyak 50,35% yang didominasi dengan penggunaan leksis verba sebagai upaya pembendaan dari leksis non-benda; dan (3) secara umum, kadar keilmiahan dalam teks laporan hasil observasi (buku teks pelajaran bahasa Indonesia) dapat disimpulkan bahwa teks tersebut memenuhi syarat kesederhanaan struktur dan kepadatan informasi, sehingga jelas menunjukkan ciri keilmiahan secara ideasional dan tekstual. Secara ideasional, dilihat isi materi yang disampaikan menjadi lebih padat dan secara tekstual, penyampaian materi melibatkan pergeseran tataran yang berdampak pada perbedaan tata organisasi ditingkat kelompok kata atau kalimat. Kata kunci : Analisis Ciri Keilmiahan, Teks Akademik, Teks LHO

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN BAHASA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2019 06:37
Last Modified: 16 Aug 2019 06:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14589

Actions (login required)

View Item View Item