PENERAPAN PEMBELAJARAN APLIKASI AUTOCAD DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN DPIB SMK NEGERI 10 MAKASSAR

Rusman, Muh (2019) PENERAPAN PEMBELAJARAN APLIKASI AUTOCAD DENGAN MODEL KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JURUSAN DPIB SMK NEGERI 10 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL RUSMAN.pdf

Download (146kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) untuk menjelaskan peningkatan hasil belajar siswa dikelas XI jurusan DPIB pada mata pelajaran perangkat lunak dengan menerapkan pembelajaran aplikasi AutoCAD model kooperatif tipe STAD, (2) untuk menguraikan efektifitas penerapan pembelajaran aplikasi AutoCAD dengan model kooperatif tipe STAD pada mata pelajaran perangkat lunak di kelas XI jurusan DPIB SMK Negeri 10 Makassar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) yang dilakukan secara kolaboratif dan partisipatif yaitu peneliti secara langsung terlibat dalam pelaksanaan penelitian langkah demi langkah. Penelitian ini dilakukan di kelas dengan tujuan untuk memperbaiki atau meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran perangkat lunak. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa rata-rata skor mengalami penigkatan yaitu 67,41 pada pretest menjadi 83,27 pada post test, terjadi peningkatan sebesar 15,86 hasil tersebut menunjukkan bahwa pada post test telah mencapai kategori tinggi. Kata kunci: Penerapan Aplikasi AutoCAD, Model Pembelajaran, Hasil belajar, STAD

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Bangunan
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Aug 2019 03:13
Last Modified: 16 Aug 2019 03:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14583

Actions (login required)

View Item View Item