HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MURID SDN 3 TONASA KECAMATAN BALOCCI KABUPATEN PANGKEP

NURDIN, MUH NASRUL (2019) HUBUNGAN ANTARA KOORDINASI MATA TANGAN DAN KEKUATAN OTOT LENGAN DENGAN KEMAMPUAN PASSING BAWAH DALAM PERMAINAN BOLAVOLI PADA MURID SDN 3 TONASA KECAMATAN BALOCCI KABUPATEN PANGKEP. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal nasrul.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAKSI MUH. NASRUL NURDIN, 2019. Hubungan Antara Koordinasi Mata Tangan Dan Kekuatan Otot Lengan Dengan Kemampuan Passing Bawah Dalam Permainan Bolavoli Pada Murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Penelitian ini bersifat deskriptif dengan dua variabel bebas yaitu koordinasi mata-tangan dan kekuatan otot lengan dan satu variabel terikat yaitu kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli. Populasi penelitian adalah seluruh murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep. Secara random sampling dipilih sampel sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data koordinasi mata-tangan dengan passing bawah bolabasket ke tembok, kekuatan otot lengan dengan tes push up 30 detik dan data kemampuan passing bawah bolavoli. Data diolah dengan menggunakan teknik korelasi melalui bantuan komputer dengan program SPSS. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil: (1) Ada hubungan yang signifikan antara koordinasi mata tangan dengan kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0.789 (P > 0.05). (2) Ada hubungan yang signifikan antara kekuatan otot lengan dengan kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep terbukti dengan nilai r hitung (ro) = 0.822 (P > 0.05). (3) Ada hubungan yang signifikan secara bersama-sama antara koordinasi mata tangan dan kekuatan otot lengan dengan kemampuan passing bawah pada permainan bolavoli murid SDN 3 Tonasa Kecamatan Balocci Kabupaten Pangkep terbukti nilai R hitung (Ro) = 0.892 (P > 0.05)

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > PGSD D2 Dikjas
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2019 06:03
Last Modified: 14 Aug 2019 06:03
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14573

Actions (login required)

View Item View Item