EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH PLAYER DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR OTOMOTIF DI SMK

BASRI, MUHAMMAD (2019) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA FLASH PLAYER DENGAN METODE PEMBELAJARAN DEMONSTRASI PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR OTOMOTIF DI SMK. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal Basri.pdf

Download (292kB) | Preview

Abstract

vii ABSTRAK MUHAMMAD BASRI 2018. Efektivitas Penggunaan Media Flash Player Dengan Metode Pembelajaran Demontrasi Pada Mata Pelajaran Alat Ukur Otomotif di SMK. Proses pembelajaran yang lebih menarik dan bervariatif dapat memperbaiki hasil belajar siswa, maka diperlukan sebuah media yang mampu menumbuhkan semangat, minat, serta memancing agar siswa lebih aktif untuk mencatat setiap langkah-langkah dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu solusi yang dapat diterapkan untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan media pembelajaran flash player yang sudah dirancang dengan baik sehingga dapat menumbuhkan keaktifan siswa dalam proses belajar sehinggga dapat meningkatkan prestasi siswa. Penelitian kuantitatif dengan menggunakan analisis komparasi dan menggunakan pendekatan quasi experimen desain nonequivalent control grup yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol tidak dipilih secara random. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan media pembelajaran flash player dan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa penggunaan media pembelajaran flash player dengan penggunaan media pembelajaran konvensional pada mata pelajaran alat ukur otomotif. Analisis data hasil penelitian yang dilakukan dapat diketahui bahwa terdapat perbedaan hasil belajar sebesar 5,23% dan perbedaan kecepatan pemahaman siswa sebesar 8, 44%, dengan demikian yang penggunaan media flash player dengan pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran alat ukur efektif untuk digunakan di SMK Kebangsaan Indonesia Makassar. dengan demikian media flash player dengan pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran alat ukur efektif untuk digunakan. Diharapkan nantinya guru-guru akan lebih menggunakan media-media pembelajaran yang bervariasi disertai dengan alat peraga yang akan membantu siswa lebih semangat untuk belajar dan diharapkan tujuan pembelajaran dikelas dapat tercapai dengan baik. Kata Kunci: Media flash player dengan pembelajaran demonstrasi pada mata pelajaran alat ukur.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 14 Aug 2019 02:56
Last Modified: 14 Aug 2019 02:56
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14563

Actions (login required)

View Item View Item