PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA CV. LINTAS MOROWALI DI KOTA MAKASSAR

ALAM, MAGFIRAH SYAMSUL (2019) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN MENGGUNAKAN JASA PENGIRIMAN BARANG PADA CV. LINTAS MOROWALI DI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL MAGFIRAH.pdf

Download (483kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK MAGFIRAH SYAMSUL ALAM, 2019 “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Menggunakan Jasa Pengiriman Barang Pada CV. Lintas Morowali di Kota Makassar”. Skripsi, Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Abd. Muis Dilla dan M. Ilham Wardhana H. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi dalam kualitas pelayanan yaitu tangible, reliability, responsiveness, assurance, dan empathy berpengaruh terhadap kepuasan pelanggan CV. Lintas Morowali dan menganalisis faktor yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan CV. Lintas Morowali. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pelanggan di CV. Lintas Morowali yang berjumlah 8544. Sampel yang diambil sebanyak 100 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan pendekatan Purposive sampling, yaitu cara pengambilan sampel yang membatasi pada ciri-ciri khusus seseorang yang memberikan informasi yang diperoleh dapat lebih terfokus dan sesuai dengan yang diinginkan oleh peneliti. Semua variabel bebas masing-masing memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel terikatnya. Secara simultan semua variabel kualitas pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh persamaan regresi sebagai berikut :Y = (-2,969) + 0,321X1 + 0,337X2 + 0,302X3+ 0,287X4 + 0,336X5 + e. Berdasarkan analisis data statistik, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, semua variabel tidak terjadi heteroskedastisitas, dan berdistribusi normal. Urutan secara individu dari masing-masing variabel yang paling berpengaruh adalah variabel reliability dengan koefisien regresi sebesar 0,337, lalu emphaty dengan koefisien regresi sebesar 0,336, kemudian diikuti variabel tangible dengan dengan koefisien regresi sebesar 0,321, dan responsiveness dengan koefisien regresi sebesar 0,302, sedangkan variabel yang berpengaruh paling rendah adalah assurance dengan koefisien regresi sebesar 0,287. CV. Lintas Morowali perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai baik oleh pelanggan serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang. Katakunci: kualitas pelayanan, tangible (bukti fisik), reliability (kehandalan), responsiveness (daya tanggap), assurance (jaminan), empathy (kepedulian), kepuasan konsumen

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 13 Aug 2019 03:55
Last Modified: 13 Aug 2019 03:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14552

Actions (login required)

View Item View Item