Perbandingan antara pengekstrakan karbon dioksida superkritis (SC-CO2) dan sokhlet terhadap hasil ekstrak biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq)

Hartati, Hartati and Idris, Irma Suryani and Salleh, Liza Md. (2016) Perbandingan antara pengekstrakan karbon dioksida superkritis (SC-CO2) dan sokhlet terhadap hasil ekstrak biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq). In: Seminar Nasional Lemlit UNM, 2 Juni 2016, Makassar.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Nasional)
2 a.2bProsiding semnas lemlit 2016b_compressed.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Nasional)
Perbandingan Semnas (Reviewer).pdf - Published Version

Download (448kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq) telah digunakan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai jenis penyakit. Beberapa metode dan jenis pelarut yang telah digunakan untuk mengekstrak senyawa yang terkandung dalam biji mahoni. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan metode karbon dioksida superkritis (SC-CO2 ) dan sokhlet terhadap hasil ekstrak biji mahoni. Metode pengekstrakan menggunakan karbon dioksida superkritis dengan pelarut karbon dioksida, tekanan 29.02 MPa dan suhu 57,88ºC sedangkan metode sokhlet menggunakan pelarut n-heksana dan suhu 65ºC. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengekstrakan karbon dioksida superkritis memiliki ekstrak yang berwarna kuning muda dan jernih sedangkan pengekstrakan sokhlet berwarna kuning tua. Hasil ekstrak berbentuk minyak dan cair. Perbandingan persentase (%) hasil ekstrak biji mahoni diperoleh 20,07 % pada pengesktrakan SC-CO2 dan 20,54 % pada pengekstrakan sokhlet. Pengekstrakan SC-CO2 diperoleh hasil yang hampir sama dengan pengekstrakan sokhlet. Pengekstrakan karbon dioksida superkritis memiliki beberapa kelebihan yaitu pelarut tidak toksit, tidak berbau, tidak mahal, tidak mudah terbakar dan tidak meninggalkan sisa pelarut pada hasil ekstrak

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Pengekstrakan karbon dioksida superkritis, sokhlet, biji mahoni (Swietenia mahagoni Jacq)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: Hartati Parseni
Date Deposited: 13 Aug 2019 02:23
Last Modified: 13 Aug 2019 02:23
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14543

Actions (login required)

View Item View Item