Pengaruh Pelaksanaan Metode Sosiodrama terhadap Kemampuan Mengungkapkan Isi Cerita Siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar

KADIR N, NURRAHMA (2015) Pengaruh Pelaksanaan Metode Sosiodrama terhadap Kemampuan Mengungkapkan Isi Cerita Siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img] Text
NURRAHMA KADIR N.docx

Download (15kB)

ABSTRAK NURRAHMA KADIR N, 2015. Pengaruh Pelaksanaan Metode Sosiodrama terhadap Kemampuan Mengungkapkan Isi Cerita Siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar (dibimbing oleh Umar Tirtaraharja dan Farida Aryani) Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah gambaran pelaksanaan metode sosiodrama di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar?; (2) Bagaimana gambaran kemampuan mengungkapkan isi cerita sebelum dan sesudah belajar dengan menggunakan metode sosiodrama pada siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar?; (3) Apakah ada pengaruh metode sosiodrama terhadap kemampuan mengungkapkan isi cerita pada siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar?; Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitiaan yang digunakan adalah true experimental design. Dalam model ini terdapat kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas V sebanyak 64 orang, sedangkan sampel penelitian yang dipilih secara acak berjumlah 40 siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis statistik deskriftif dan teknik analisis wilcoxon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pelaksanaan metode sosiodrama terdiri dari tahap: menentukan masalah, membentuk situasi, membentuk karakter, mengarahkan pemain, memahami peran, menghentikan/memotong serta mendiskusikan dan menganalisis permainan terlaksana dengan baik berdasarkan hasil dan pelaksanaannya; (2) Gambaran tingkat kemampuan mengungkapkan isi cerita pada kelompok eksperimen yang telah diberi perlakuan berupa metode sosiodrama sebanyak 2 kali, ternyata menunjukkan peningkatan yaitu pada kelompok eksperimen berada pada kategori sedang menjadi sangat tinggi setelah diberikan perlakuan metode sosiodrama sedangkan kelompok kontrol masih berada pada kategori sedang; (3) Ada pengaruh positif metode sosiodrama untuk meningkatkan kemampuan mengungkapkan isi cerita pada siswa di SD Inpres Unggulan BTN Pemda Makassar. ABSTRACT NUR RAHMA KADIR N, 2015. Effect of Implementation Methods Sociodramas against Reveals Ability Story Content Students in Elementary Instruction seed BTN Makassar Regional Government (led by Umar Tirtaraharja and Farida Aryani) Issues examined in this study were (1) How is the implementation of the method sociodramas picture in SD Inpres seed BTN Government of Makassar ?; (2) How would the ability to express the content of the story before and after sociodramas method on students in elementary Inpres seed BTN Government of Makassar ?; (3) Is there any effect on the ability sociodramas method revealed the story to students in elementary Inpres seed BTN Government of Makassar ?; This research is a quantitative study with experimental method. Penelitiaan design used was a true experimental design. In this model there is the experimental group and the control group. Population in this research is all class V as many as 64 people, while the study sample were randomly selected numbered 40 students. The data analysis technique used is the technique of descriptive statistical analysis and Wilcoxon analysis techniques. The results showed that (1) the implementation of sociodramas method comprising the steps Determine the problem, Shaping the situation, establish the character, Directing players, Understanding the role, Stop / cut and Discuss and analyze the game done well based on results and implementation. (2) The level of ability to reveal the contents of the story in the experimental group that had been treated in the form of a method sociodramas 2 times, it shows an increase in the ability to express the content of the story. This is because the level of the ability to express the content of the story to the students experienced a significant increase of the middle category becomes very high. As with the control group who were given the treatment in the form of conventional methods apparently showing no significant change which of the categories was increased to the high category .; (3) There is a positive influence sociodramas methods to improve the content of the story reveal to students in elementary Inpres seed BTN Government of Makassar.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Pendidikan Dasar s2
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:48
Last Modified: 05 Dec 2016 00:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1453

Actions (login required)

View Item View Item