Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Rilau Ale Kabupaten Bulukumba.

HALIJAH, HALIJAH (2015) Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
HALIJAH.docx

Download (13kB)

ABSTRAK HALIJAH. Peningkatan Motivasi, Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Mata Pelajaran Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI IPA 1 SMA Negeri 10 Rilau Ale Kabupaten Bulukumba. ( Dibimbing oleh Ketua Prof. Dr. H. Syamsul Bachri Thalib, M.Si serta anggota Dr. Andi Mu’Nisa, M. Si). Model pembelajaran tipe Jigsaw merupakan model pembelajaran kooperatif dengan siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 5 – 6 orang secara heterogen dan bekerja sama saling ketergantungan yang positif. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mengetahui peningkatan motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 melalui penerapan model pembelajaran cooperative tipe Jigsaw di SMA Negeri 10 Bulukumba. (2) Untuk mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 melalui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw di SMA Negeri 10 Bulukumba. (3) Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA 1 melalui penerapan model pembelajaran tipe Jigsaw di SMA Negeri 10 Bulukumba. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah Siswa kelas XI IPA 1 yang berjumlah 24 orang. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun 2013/2014. Instrument yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar observasi angket motivasi siswa belajar biologi, lembar observasi aktivitas siswa belajar biologi dan tes hasil belajar biologi. Tehnik analisis data yang diperoleh dari hasil pengamatan aktivitas, motivasi dan hasil belajar siswa selama mengikuti proses belajar mengajar dianalisis secara kuantitatif dengan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) penerapan model kooperatif tipe Jigsaw dapat meningkatkan motivasi belajar biologi siswa yaitu siklus I 41,66% dan pada siklus II 58,33%, (2) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa yaitu siklus I 51,52% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 64,02%, (3) penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw siklus I 62,5% dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5%. Begitupun pencapaian criteria ketuntasan minimal (KKM) yang memperlihatkan 100% siswa memperoleh nilai diatas KKM yang ditetapkan yaitu 75. ABSTRACT Halijah. 2014. The Enchancement of Motivation, Activity, and Learning Result of Students through the Implementation of Cooperative Model Jigsaw Type on Human Excretion System of Grade XI IPA 1 at SMA 10 Rilau Ale in Bulukumba (Supervised by Syamsul Bachri Thalib and Andi Mu’nisa). The study aims at examining (1) the enhancement of students’ learning motivation in learning Biology of grade XI IPA 1 through the implementation of cooperative learning model of Jigsaw type at SMA Negeri 10 Bulukumba, (2) the enhancement of students’ learning activity in learning Biology of grade XI IPA 1 through the implementation of cooperative learning model of Jigsaw type at SMA Negeri 10 Bulukumba, (3) the enhancement of students’ learning result in learning Biology of grade XI IPA 1 through the implementation of cooperative learning model of Jigsaw sype at SMA Negeri 10 Bulukumba. The study is a classroom action research conducted in two cycles. The subjects of the study were 24 students of grade XI IPA 1. The study was conducted in academic year 2013/2014. The instruments used were observation sheet of students’ motivation in learning Biology, observation sheet of students’ learning activity, and test of learning result. Techniques used in obtaining the data were based on observation result on activity, motivation, and learning result during the teaching learning process. The data were analyzed by employing quantitative in a form of percentage. The result of the study reveal that (1) the implementation of cooperative model of jigsaw type can enchance students’ learning motivation by 41,66% in cycle I and 58,33% in cycle II, (2) the implementation of cooperative model of Jigsaw type can enchance students’ learning activity by 51,52% in cycle I and improve to 64,02% in cycle II, (3) the implementation of cooperative learning of jigsaw type in cycle I is 62,5% and improve to 87,5% in cycle II as well as the achievement of minimal mastery criteria (KKM) which showed 100% students obtained the score above the set of KKM which is 75.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:29
Last Modified: 05 Dec 2016 00:29
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1451

Actions (login required)

View Item View Item