Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI IPA SMA

SYAM, ASRULLAH (2015) Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI IPA SMA. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ASRULLAH SYAM.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK ASRULLAH SYAM. Perbandingan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Kelas XI IPA SMA (Dibimbing oleh Firdaus Daud dan Muh. Khalifah Mustamin). Keberhasilan suatu pembelajaran dapat dipengaruhi oleh strategi pembelajaran yang digunakan guru. Strategi pembelajaran biologi yang kurang menarik menjadikan aktivitas peserta didik rendah. Rendahnya keaktifan siswa dalam pembelajaran tersebut berakibat terhadap hasil belajar siswa yang masih kurang dan mengakibatkan lambannya proses pemahaman konsep. Salah satu strategi pembelajaran yang mengajak siswa untuk aktif membangun pengetahuan dalam pikirannya sendiri dengan kegiatan yang menyenangkan serta berpusat pada siswa (student centered) adalah pembelajaran kooperatif Tipe STAD dan Tipe NHT. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Baraka; (2) untuk mengetahui hasil belajar biologi siswa yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe NHT di SMA Negeri 1 Baraka; (3) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD di SMA Negeri 1 Baraka; (4) untuk mengetahui aktivitas belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT di SMA Negeri 1 Baraka (5) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar biologi antara yang diajar dengang pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT di SMA Negeri 1 Baraka; (6) untuk mengetahui perbandingan aktivitas belajar siswa antara yang diajar dengan pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT di SMA Negeri 1 Baraka. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu (quasi eksperimen). Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Baraka. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA semester genap tahun pelajaran 2010/2011, yang terdiri dari empat kelas. Teknik pengambilan sampel adalah menggunakan cluster random sampling. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh dengan menggunakan tes hasil belajar dan data tentang aktivitas siswa diperoleh dengan menggunakan lembar observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa, aktivitas siswa, dan analisis statistik inferensial untuk menguji hipotesis dengan menggunakan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata siswa = 82,88, (2) hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT mencapai ketuntasan 100% dengan nilai rata-rata siswa = 86,88, (3) aktivitas siswa dalam belajar materi Sistem Pencernaan Makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD kelas XI IPA3 SMA Negeri 1 Baraka semua berada pada interval waktu baik (efektif), (4) aktivitas siswa dalam belajar materi Sistem Pencernaan Makanan dengan model pembelajaran kooperatif tipe NHT kelas XI IPA4 SMA Negeri 1 Baraka semua berada pada interval waktu baik (efektif), (5) hasil analisis statistik inferensial menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai hasil belajar siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dan tipe NHT, (6) aktivitas belajar siswa pada pembelajaran kooperatif tipe NHT relatif lebih baik dari pada pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Baraka. Kedua tipe pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu tipe pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa utamanya untuk materi sistem pencernaan makanan pada siswa kelas XI SMA dan sederajat. ABSTRACT ASRULLAH SYAM. 2011. Comparison of the Students’ Activity Through and Learning Result of Cooperatif Learning Model of STAD Type and NHT Type on the Subject of Digestion System in Grade XI of Science at Senior High School (supervised by Firdaus Daud and Muh. Khalifah Mustamin). The success of a lesson can be influenced by learning strategies that teachers use. Less interesting learning strategy of Biology will make students’ activities low. Less active students in learning has led to low achievement of students’ result and made low process of understanding concepts. One of learning strategies that invites students to actively construct knowledge in their own minds with enjoyable activities and centered to students is cooperative learning of STAD type and NHT type. This study aimed at examining (1) students’ learning result of Biology taught by cooperative learning of STAD type at SMAN 1 Baraka; (2) students’ learning result of Biology taught by cooperative learning of NHT type at SMAN 1 Baraka; (3) students’ learning activities taught by cooperative learning model of STAD type at SMAN 1 Baraka; (4) students’ learning activities taugh by cooperatif learning model of NHT type at SMAN 1 Baraka; (5) the difference of learning result of Biologi between students who taught by cooperative learning of STAD type and NHT type at SMAN 1 Baraka; and (6) the comparison of students’ learning activities taught by cooperative learning of STAD type and NHT type at SMAN 1 Baraka. This study was a quasi experiment which conducted at SMAN 1 Baraka. The population was students of grade XI of science in the second semester of 2010/2011 which consisted of four classes. Sample was selected by employing cluster random sampling. Data on students’ learning result was obtained by using test of learning result and data on students’ activities was obtained by using observation sheet. Data then were analyzed by employing descriptive statistics analysis to describe students’ learning result and students’ activities; while inferential statistics analysis was used to test the hypothesis with the t-test. The result of the study revealed that (1) students’ learning achievement taught by using cooperative learning model of STAD type has achieved 100% of mastery with the average 82.88; (2) students’ learning achievement taught by using cooperative learning model of NHT type has achieved 100% of mastery with the average 86.88; (3) students’ activities on the subject of digestion system by using cooperative learning model of STAD type in grade XI of IPA3 at SMAN 1 Baraka, all were in the interval of good or effective; (4) students’ activities on the subject of digestion system by using cooperative learning model of NHT type in grade XI of IPA4 at SMAN 1 Baraka, all were in the interval of good or effective; (5) the result of inferential statistics showed that there was significant difference between students’ learning result taught by cooperative learning model of STAD type and NHT type; and (6) students’ learning activities on cooperative learning of NHT type was better than cooperative learning of STAD type of grade XI students of IPA at SMAN 1 Baraka. Those two learning models could be implemented as of models which could improve the learning result of students and activities, particularly for the subject of digestion system of grade XI students at SMA and similar to it.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 05 Dec 2016 00:25
Last Modified: 05 Dec 2016 00:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1448

Actions (login required)

View Item View Item