PENGARUH PROFESIONALISME GURU PENJAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA SMA NEGERI I KAJUARA KABUPATEN BONE

Irfan, Irfan (2019) PENGARUH PROFESIONALISME GURU PENJAS TERHADAP HASIL BELAJAR PENJAS SISWA SMA NEGERI I KAJUARA KABUPATEN BONE. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Irfan, 2019. Pengaruh Profesionalisme Guru Penjas Terhadap Hasil Belajar Penjas Siswa SMA NEGERI 1 Kajuara Kabupaten Bone, (Di Bimbing oleh Muh Adnan Hudain dan Masjumi Nur) Penelitian ini membahas tentang bagaimana mengetahui profesionalisme guru penjas dalam proses pembelajaran penjas di kelas, gambaran minat belajar siswa, dan apakah profesionalisme guru penjas berpengaruh terhadap minat belajar penjas siswa di SMA NEGERI 1 Kajuara Kabupaten Bone.Sedangkan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana gambaran profesionalisme gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran penjas dan untuk mengetahui apakah profesionalisme guru penjas berpengaruh terhadap minat belajar penjas siswa SMA NEGERI 1 Kajuara Kabupaten Bone.Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif, kuantitatif. Variabel yang diteliti dalam penelitian ada dua yaitu profesionalisme guru penjas sebagai variabel X dan minat baelajar penjas siswa SMA NEGERI 1 Kajuara Kabupaten Bone sebagai variabel Y. Subjek dalam penelitian ini siswa yang diteliti sebanyak 50 orang, 24 orang laki-laki dan 26 orang perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket observasi wawancara dan dokumentasi. Untuk mencari rumusan masalah pertama yaitu gambaran profesionalisme guru dalam proses pembelajaran di kelas menggunakan angket, observasi, serta dokumentasi untuk mengambil gambar pada saat pembelajaran berlangsung. Kedua yaitu gambaran minat belajar siswa pada mata pelajaran penjas dengan menggunakan angket dan wawancara.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis destripktif dan persentasi frekuensi. Hasil analisis deskriptif menunjukan bahwa profesionalisme guru penjas termasuk dalam kategori sangat tinggi diakui oleh 1 siswa (2%), klasifikasi tinggi sebanyak 22 siswa (44%), klasifikasi sedang sebanyak 10 siswa (20%0, klasifikasi rendah sebanyak 10 siswa (20%), klasifikasi sangat rendah sebanyak 7 siswa (14%). Yang mengakui bahwa minat belajar siswa kategori tinggi dan sedang.Kesimpulannya ada pengaruh yang signifikan antara profesionalisme guru terhadap hasil belajar penjas di SMA Negeri 1 Kajuara Kabupaten Bone. Kata kunci : Profesionalisme , Guru Penjas, Hasil Belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Aug 2019 07:15
Last Modified: 08 Aug 2019 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14470

Actions (login required)

View Item View Item