PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL INTERAKTIF MATA KULIAH DEKORASI PENYAJIAN DI JURUSAN PKK FT UNM

Trisnasari, Damayanti (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MODUL INTERAKTIF MATA KULIAH DEKORASI PENYAJIAN DI JURUSAN PKK FT UNM. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Artikel.pdf

Download (620kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Damayanti Trisnasari.2019. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Modul Interaktif Mata Kuliah Dekorasi Penyajian di Jurusan PKK FT UNM” (dibimbing oleh Syamsidah dan Muhammad Yahya) Penelitian ini bertujuan untuk; (1)mengetahui tahapan pengembangan media pembelajaran berbasis modul interaktif pada mata kuliah dekorasi penyajian; (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis modul interaktif yang dikembangkan berdasarkan aspek validitas, keefektifan dan kepraktisan. Metode penelitian ini adalahResearch and Developmentdengan model pengembangan ADDIE. Subyek penelitian berjumlah 20 orang mahasiswa dan 1 orang dosen Jurusan PKK FT UNM. Pengumpulan data melalui metode dokumentasi, observasi dan angket yang dianalisis dengan teknik statistik deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis modul interaktifmelaluitahapan:(1) menganalisis kondisi awal dan kebutuhan pembelajaran; (2) tahapan desain merancangperangkat dan media pembelajaran; (3) pembuatan RPS, modul, video tutorial,aplikasi mobile berbasis android dan buku panduan, serta instrumen pengumpulan data yangmelalui tahapan validasioleh ahli materi dan ahli media; (4) implementasi produk pada uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil dan uji coba lapangan setelah revisi kecil; (5) tahapan evaluasi sumatif dan finalisasi produk. Kualitas media pembelajaran dinyatakan sangat valid oleh validator ahli media dengan nilai92,36% dan ahli materi dengan nilai 94,44%. Kepraktisan media berdasarkan observasi aktivitas peserta didik memperoleh nilai 86,81% dan aktivitas dosen memperoleh nilai 88,89% kriteria sangat aktif, serta angket respon peserta didik memperoleh nilai 90,32% kriteria sangat baik. Efektifitas dinyatakan berdasarkan hasil tes belajar memperoleh rata-rata nilai 78,57% dan penilaian unjuk kerja memperoleh rata-rata 88,08% dimana seluruh peserta didik dinyatakan lulus, sehingga media pembelajaran berbasis modul interaktif layak digunakan pada mata kuliah dekorasi penyajian di Jurusan PKK FT UNM. Kata kunci: modul interaktif, mobile learning, dekorasi penyajian.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 08 Aug 2019 06:15
Last Modified: 08 Aug 2019 06:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14468

Actions (login required)

View Item View Item