ANALISIS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF KETERAMPILAN ABAD 21 (STUDI KASUS : DINAS KOPERASI DAN UKM SULAWESI SELATAN)

Magfirah, Magfirah (2019) ANALISIS PENDIDIKAN DAN PELATIHAN KEWIRAUSAHAAN DALAM PERSPEKTIF KETERAMPILAN ABAD 21 (STUDI KASUS : DINAS KOPERASI DAN UKM SULAWESI SELATAN). Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI MAGFIRAH 1594043089.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini untuk mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan dan pelatihan kewirausahaan pada Young Entrepereneur School Sulawesi Selatan (YESS) dan untuk mengetahui apakah pendidikan dan pelatihan kewirausahaan pada YESS di Dinas Koperasi dan UKM Sulawesi Selatan sesuai dengan keterampilan yang diinginkan dalam abad 21. Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dengan model analisis interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan YESS bersifat terstruktur dan terprogram. Hal ini berdasarkan kurikulum yang dimiliki yaitu 3 bulan pembelajaran. Bulan pertama dengan pembelajaran yang berfokus pada penumbuhan pola pikir berwirausaha, bulan kedua bagaimana menemukan ide usaha kemudian bulan ketiga memasarkan produk berdasarkan ide usaha. Pembelajaran selama 3 bulan tersebut masing-masing dengan materi ajar yang disesuaikan dengan poin penting pembelajaran setiap bulannya. Adapun kesesuaian YESS dengan keterampilan yang diinginkan dalam abad 21 dapat dikatakan sesuai. Dengan konsep pembelajaran 20% teori dan 80% praktek, mampu memberikan pengetahuan dan bekal keterampilan berkomunikasi, bekerja sama, berfikir kritis dan solutif serta berkreasi dan berinovasi kepada peserta didik. Meskipun efek dari pembelajaran belum mampu sepenuhnya dirasakan, namun hal ini merupakan investasi agar lebih baik dan kompeten kedepan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI
FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: Muhammad Hasan
Date Deposited: 28 Aug 2019 05:31
Last Modified: 28 Aug 2019 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14462

Actions (login required)

View Item View Item