Formulasi dan Uji Kestabilan Gel Ekstrak Etanol Rumput Laut Merah (Euchema cottonii) dan Uji Aktivitas Pertumbuhan Propionibacterium acne,Staphylococcus aureus.

Ali, Alimuddin (2016) Formulasi dan Uji Kestabilan Gel Ekstrak Etanol Rumput Laut Merah (Euchema cottonii) dan Uji Aktivitas Pertumbuhan Propionibacterium acne,Staphylococcus aureus. In: SIMPOSIUM NASIONAL "Pengembangan dunia farmasi".

Full text not available from this repository.

Abstract

Tumbuhan yang terbukti sebagai antijerawat adalah rumput laut merah (Euchema cottonii) karena mengandung senyawa metabolit sekundernya seperti flavonoid, saponin, alkaloid, dan triterpenoid. Salah satu bentuk sediaan topikal yang sering digunakan untuk pengobatan jerawat adalah bentuk sediaan gel. Tujuan penelitian ini adalah untuk menentukan sediaan gel ekstrak etanol rumput laut merah menggunakan karbopol yang stabil secara fisik dan mengetahui aktivitas antibakteri ekstrak etanol rumput laut merah terhadap Propionibacterium acne dan Staphylococcus aureus. Konsentrasi karbopol yang digunakan adalah 0,5%, 1%, dan 2%. Parameter stabilitas fisik yang diukur antara lain pengamatan organoleptis, homogenitas, pH, daya sebar, daya lekat, viskositas dan penyimpanan dipercepat serta pengujian aktivitas anti bakteri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa FII dan FIII sediaan gel ekstrak etanol rumput laut merah yang stabil secara fisik dan hasil pengujian aktivitas antibakteri menunjukkan FII mampu menghambat pertumbuhan P.acne (9,55 mm) dan S. aureus (10,81 mm), sedangkan FIII menghambat P.acne dan S. aureus menunjukkan hasil 10,10 mm dan 10,85. Kata kunci: Rumput laut merah, karbopol, Propionibacterium acne, Staphylococcus aureus.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Aug 2019 02:56
Last Modified: 26 Nov 2019 08:02
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14451

Actions (login required)

View Item View Item