PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS DIPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA

RAHMAN, RAFIANI (2019) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN ARIAS DIPADU DENGAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY BASED LEARNING TERHADAP MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS VIII MTS SYEKH YUSUF SUNGGUMINASA KABUPATEN GOWA. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
Jurnal.pdf

Download (338kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RAFIANI RAHMAN. Pengaruh Strategi Pembelajaran ARIAS Dipadu Model Inquiry Based Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa (Dibimbing oleh Muhammad Khalifah Mustami dan Muhidin). Strategi pembelajaran ARIAS merupakan suatu strategi pembelajaran yang memiliki lima komponen utama yaitu, percaya diri (assurance), relevansi (relevance), minat (interest), penilaian/evaluasi (assessment) dan kepuasan (satisfaction). Pembelajaran Inkuiri merupakan rangkaian kegiatan pembelajaran yang menekankan pada proses berpikir secara kritis dan analitis untuk mencari dan menemukan sendiri jawaban dari suatu masalah yang dipertanyakan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui Pengaruh Strategi Pembelajaran ARIAS dipadu model pembelajaran Inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa VIII Mts Syekh Yusuf Sungguminasa Kabupaten Gowa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen semu yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan strategi pembelajaran ARIAS dipadu model pembelajaran Inquiry terhadap motivasi dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII di MTs Syekh Yusuf Sungguminasa Gowa. Populasi dalam penelitian ini yakni seluruh siswa kels VIII MTs Syekh Yusuf Sungguminasa Gowa dan sampel diambil dengan teknik Random Sampling, yang terdiri dari kelas VIII A sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 orang dan rombel kelas VIII B sebagai kelas kontrol yang berjumlah 35 orang. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Syekh Yusuf Sungguminasa pada semester ganjil, tepatnya pada bulan April s/d Mei, tahun pelajaran 2015/2016. Pengolahan data dengan menggunakan teknik levene's test for equality of variances, diperoleh nilai sig.hitung = 0,585 > sig.α = 0,05 atau p > α sehingga H0 diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kelas kontrol dan kelas eksperimen memiliki variansi yang sama atau homogen. Nilai hasil analisis kovarian untuk data hasil belajar biologi siswa terlihat bahwa nilai sig.hitung = (0,00) < sig.α (0,05), yang berarti H0 diterima. Jadi dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan antara hasil belajar biologi siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Nilai hasil analisis kovarian untuk data motivasi belajar biologi siswa p = 0,002 < sig.α = 0,05, berarti H0 diterima. Jadi dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan antara motivasi belajar biologi siswa pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Kata Kunci: Pembelajaran ARIAS, Inquiry, Motivasi dan Hasil Belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > Biologi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 07 Aug 2019 05:57
Last Modified: 07 Aug 2019 05:57
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14449

Actions (login required)

View Item View Item