PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR

djumingin, sulastriningsih (2009) PENERAPAN PEMBELAJARAN YANG BERPUSAT PADA SISWA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 26 MAKASSAR. Proceeding International conference on language education (ICOLE). pp. 63-72.

[img] Text
Sertifikat dan Artikel Prosiding Seminar Internasional - Penerapan Pembelajaran yang berpusat....pdf

Download (16MB)
[img]
Preview
Text
PR STAD.pdf

Download (863kB) | Preview
[img] Text
Turnitin Artikel Prosiding Internasional Conference - Penerapan Pembelajara yang berpusat....pdf

Download (232kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengupayakan teijadinya pembelajaran yang berpusatpada siswa melalui pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hal ini akan menggambarkan motivasi (aktivitas) belajar siswa dan hasil belajar siswa sebagai dampak dari pembelajaran kooperatif tipe STAD dan hasil belajar akan dibandingkan hasil pembelajaran konvensional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar semester ganjil tahun ajaran 2009-2010 sebanyak 68 orang dari dua kelas yakni VII1 dan VII3 masing-masing 34 orang. Penentuan sampel dilakukan random sampling dari tujuh kelas yang ada, selanjutnya melalui random kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pelaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif dan pada kelompok kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Pelaksanaan pembelajaran dilaksanakan selama satu semester (2 x pertemuan dalam seminggu). Setiap pertemuan diberikan prestes dan postes. Data penelitian diperoleh melalui observasi dan tes hasil belajar. Dari data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan statistik inferensialuji-t hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) skenario pembelajaran kooperatif tipe STAD yang telah disusun oleh guru sudah sesuai yang dituntut oleh model pembelajaran kooperatif tipe STAD, (2) Motivasi (aktivitas) belajar siswa belajar siswa meningkat pembelajaran bahasa Indonesia, (3) Kualitas pelaksanaan pembelajaran ditandai dengan keaktifan guru yang lebih mengarah pada pemberian .pembimbingan, dan peranannya sebagai fasilitator, (4) Hasil belajar bahasa Indonesia yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tergolong tinggi, (5) Hasil Lhasa Indonesia yang diajar dengan model pembelajaran konvensional tergolong rendah (6) Penerapan pembelajaran kooperatif pada mata pelajaran bahasa secara tepat dapat meningkatkan motivasi (aktivitas) dan hasil belajar siswa. Hal inimenunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe STAD efektif diterapkan dalam pembelajaranbahasa Indonesia pada siswa kelas VII SMP Negeri 26 Makassar, KATA KUNCI : Pembelajaran,Kooperatif, Motivasi,Hasil Belajar, STAD

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2019 06:02
Last Modified: 07 Sep 2020 07:53
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14420

Actions (login required)

View Item View Item