PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LESSON STUDY

djumingin, sulastriningsih (2015) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS LESSON STUDY. Prosiding Seminar nasional " Optimalisasi hasil hasil penelitian dalam menunjang pembangunan berkelanjutan. pp. 180-190. ISSN 2460 1322

[img] Text
Sertifikat dan Artikel Prosiding Seminar Internasional - Pengembangan Model Pembelajaran Bahasa Indonesia....pdf

Download (3MB)
[img]
Preview
Text
PR LESSON STUDY.pdf

Download (900kB) | Preview

Abstract

Hasil uji kompetensi guru (UKG) diperoleh gambaran bahwa tingkat penguasaan substansi pembelajaran dan wawasan kependidikan masih di bawah standar. Lebih memprihatinkan lagi, hasil UKG untuk guru Bahasa Indonesia paling terendah disbanding dengan guru IPS, IPA, dan Matematika. Selanjutnya, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih bayaknya lulusan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan yang nilai oleh masyarakat saat ini masih belum berkualitas. Penelitian pengembangan model pembelajaran bahasa Indonesia berbasis Lesson Study ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia, yang akhirnya dapat meningkatkan kualitas pembelajaran. Tujuan khusus yang dicapai dalam penelitian ini adalah diperolehnya model panduan implementasi pembelajaran berbasis lesson study beserta perangkat asesmen yang digunakan sebagai produk penelitian ini. Penelitian ini telah menghasilkan produk yang diberi nama “Model Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Lesson Study (MPBIBLS). Untuk mencapai target tersebut, digunakan metode pengembangan dari Plomp (1997) yang teridiri atas lima tahap, yaitu: (1) tahap pengkajian awal, (2) tahap perancangan, (3) tahap realisasi, (4) tahap evaluasi, revisi, dan (5) tahap implementasi. Kualitas produk lesson study mengacu pada kriteria Nieveen (1999), yaitu memenuhi validitas, kepraktisan, dan efektivitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pengembangan pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis lesson study berdasarkan hasil penelitian tim ahli telah memenuhi unsur validitas, sehingga dapat dipakai dalam pembelajaran bahasa Indonesia berbasis lesson study. Perangkat ini juga bersifat efektif karena diperoleh ketercapaian indicator keberhasilan di atas skor 65% yang memberikan respon positif, baik oleh guru maupun siswa. Analisis kepraktisan juga memperlihatkan bahwa guru dan siswa dapat mengambil manfaat lesson study terutama dalam pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan sikap positif mereka. Kata kunci: pengembangan, model, pembelajaran,bahasa Indonesia, lesson study

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2019 05:13
Last Modified: 08 Sep 2020 02:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14416

Actions (login required)

View Item View Item