PENERAPAN MODEL LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DI SMP

djumingin, sulastriningsih (2016) PENERAPAN MODEL LESSON STUDY DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DI SMP. Prosiding seminar Nasional "Mega trend Inovasi dan Kreasi hasil penelitian dalam menunjang pembangunan berkelanjutan". pp. 313-318. ISSN 978 602 9075 25 7

[img] Text
Sertifikat dan Artikel Prosiding Seminar Nasional - Penerapan Model Lesson Study Dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di SMP.pdf

Download (4MB)
[img]
Preview
Text
PR EKSPLANASI.pdf

Download (817kB) | Preview

Abstract

Pcnerapan Model Lesson Study dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi di SMP. Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi tanpa penerapan model Lesson Study peserta didik kelas VI1 SMP Negeri 27 Makassar, (2) mendeskripsikan kemampuan menulis teks eksplanasi dengan penerapan model Lesson Study peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Makassar, dan (3) menguji efektivitas model Lesson Study dalam menulis teks cksplanasi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen murni dengan desain Posttest Only Group Design yang melibatkan dua kelompok yang terdiri atas satu kelas sebagai kelompok kontrol dan satu kelas sebagai kelompok eksperimen Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 27 Makassar berjumlah 300 orang yang terdiri atas 10 kelas. Penarikan sampel dengan teknik purposive sampling. Kelas kontrol VII 130orang, sedangkan kelas eksperimen VII5 30 orang. Instrumen yang digunakan berupa pedoman observasi dan tes. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan teknik statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t yang diolali dengan menggunakan program SPSS 20 for windows. (1) Peserta didik memperoleh nilai 2,66 ke bawah dengan nilai rata-rata 2,50 dengan predikat C+, (2) kemampuan menulis teks eksplanasi dengan penerapan Lesson Study peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Makassar dinyatakan bahwa 26 orang (87%) memperoleh nilai 2,66 ke atas dengan nilai rata-rata peserta didik 3,25 dengan predikat B+, (3) model Lesson Study efektif ditcrapkan dalam menulis teks cksplanasi pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Makassar. Berdasarkan perbandingan basil kemampuan kelas kontrol dan kelas eksperimen menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (3,502 > 1,667). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis ulternatif (HI) penelitian yang diajukan diterima. Kata kunci: Penerapan, Model, Lesson Study, Menulis Teks Eksplansi

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 06 Aug 2019 04:56
Last Modified: 08 Sep 2020 03:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14413

Actions (login required)

View Item View Item