Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbasis ICT terhadap Motivasi, Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto.

PABETA MS, ADI UMAR (2015) Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbasis ICT terhadap Motivasi, Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
ADI UMAR PABETA MS.docx

Download (29kB)

Abstract

ABSTRAK ADI UMAR PABETA MS. Pengaruh Strategi Pembelajaran Peta Konsep Berbasis ICT terhadap Motivasi, Kreativitas dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto. (Dibimbing oleh Mansyur dan Sitti Saenab) Secara umum, pembelajaran biologi yang terjadi di SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto masih bersifat berpusat pada guru padahal paradigma pendidikan saat ini cenderung ke arah berpusat kepada siswa. Akibatnya, motivasi dan kreativitas siswa menjadi kurang dikembangkan padahal hal ini menjadi penting untuk pengembangan kemampuan siswa di kehidupannya di masa mendatang. Berbagai hasil penelitian di beberapa sekolah menunjukkan bahwa hasil belajar biologi siswa masih dalam kategori rendah dan kemudian faktor kebertahanan materi tersebut dalam memori siswa juga menjadi faktor yang kurang diperhatikan. Strategi peta konsep berbasis ICT dapat menjadi sarana yang tidak hanya akan dapat mengembangkan hasil belajar siswa tetapi diharapkan dapat mengakomodasi pengembangan motivasi dan kreativitas siswa terhadap materi yang dipelajarinya. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (i) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap motivasi belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat, (ii) mengetahui pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap kreativitas belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Barat, (iii) pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap hasil belajar biologi siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kabupaten Jeneponto. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasi experiment). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Bangkala tahun ajaran 2013/2014. Pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik Purpossive random sampling yaitu pengambilan sampel secara acak yang disesuaikan berdasarkan pertimbangan atau tujuan tertentu dalam populasi, dengan memilih dua kelas dari tiga kelas XI IPA yang ada. Kelas yang dimaksud yaitu kelas XI IPA1 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT dan kelas IPA2 dibelajarkan dengan strategi pembelajaran peta konsep secara konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap motivasi belajar siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto (ii) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap kreativitas belajar siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto (iii) Terdapat pengaruh strategi pembelajaran peta konsep berbasis ICT terhadap hasil belajar siswa pada kelas XI IPA SMA Negeri 1 Bangkala Kab. Jeneponto. Hal tersebut dapat dikethui pengaruh strategi pembelajaran ini setelah di uji statistik deskriptif dan hasil uji statistik inferensial yang menunjukkan bahwa pengaruh strategi peta konsep berbasis ICT dapat meningkatkan motivasi, kreativitas dan hasil belajar biologi siswa. ABSTRACT ADI UMAR PABETA MS. 2014. The Influence of Concept Map Learning Strategy based on ICT towards Motivation, Creativity, and Learning Outcomes in Biology of Class XI IPA Students at SMAN 1 Bangkala Kab. Jeneponto. (supervised by Mansyur and Sitti Saenab). The study aims at examining (i) the influence of concept map learning strategy based on ICT towards learning motivation in biology of class XI IPA students at SMAN 1 Bangkala, (ii) the influence of concept map learning strategy based on ICT towards creativity in biology of class XI IPA students at SMAN 1 Bangkala, and (iii) the influence of concept map learning strategy based on ICT towards learning outcomes in biology of class XI IPA students at SMAN 1 Bangkala in Jeneponto district. The study is aquasi experiment. The population of the study was the entire students of class XI IPA of the second semester at SMAN 1 Bangkala of academic year 2013/2014. The sampels taken by employing purpossive random sampling and obtained two class out of three classes, namely class XI IPA 1 taught by employing concept map learning strategy based on ICT and class XI IPA 2 taught by concept map learning strategy based on conventional way. The results of study reveal that (i) there is the influence of concept map learning strategy based on ICT on learning motivation strategy of students in class XI IPA at SMAN 1 Bangkala in Jeneponto district, (ii) there is the influence of concept map learning strategy based on ICT on creativity of students in class XI IPA at SMAN 1 Bangkala in Jeneponto district, and (iii) there is the influence of concept map learning strategy based on ICT on learning outcomes of students in class XI IPA at SMAN 1 Bangkala in Jeneponto district. Based on descriptive statistics test and inferential statistics test, it is confirmed that the influence of concept map strategy based on ICT can enhance motivation, creativity and students’ learning outcomes in Biology.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FMIPA > BIOLOGI - (S1)
Divisions: FAKULTAS MIPA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 04 Dec 2016 23:58
Last Modified: 04 Dec 2016 23:58
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1437

Actions (login required)

View Item View Item