PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI

Melyanti, Sri (2019) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUKU SAKU BERBASIS MIND MAPPING UNTUK PEMBELAJARAN EKONOMI KELAS XI. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Jurnal Sri Melyanti.pdf

Download (218kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Buku Saku Berbasis Mind Mapping untuk siswa; mengetahui Kelayakan Buku Saku Berbasis Mind Mapping sebagai media pembelajaran berdasarkan penilaian ahli materi dan ahli media; dan mengetahui penilaian siswa dengan adanya buku saku berbasis mind mapping sebagai media pembelajaran. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). model pengembangan yang meliputi 5 tahap yaitu: analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada tahap Development, Buku Saku Berbasis Mind Mapping dinilai kelayakannya oleh ahli materi, ahli media, dan 24 siswa kelas XI IIS 2 SMA Negeri 11 Makassar. Pengumpulan data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penilaian ahli materi diperoleh skor rata-rata 5,0 yang termasuk dalam kategori Sangat Layak, ahli media diperoleh skor rata-rata 4,07 yang termasuk dalam kategori Layak, penilaian siswa uji coba produk diperoleh skor rata-rata 4,33 dengan kategori Sangat Layak. Kata Kunci: Media Pembelajaran, Buku Saku, Mind Mapping, ADDIE.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Aug 2019 03:06
Last Modified: 02 Aug 2019 03:06
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14361

Actions (login required)

View Item View Item