PENGARUH PENGETAHUAN K3 TERHADAP KEDISIPLINAN BERPRAKTIKUM SISWA DI BENGKEL OTOMOTIF SMK NEGERI 3 MAKASSAR

RUGAYAH, YAYA (2019) PENGARUH PENGETAHUAN K3 TERHADAP KEDISIPLINAN BERPRAKTIKUM SISWA DI BENGKEL OTOMOTIF SMK NEGERI 3 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL.pdf

Download (235kB) | Preview

Abstract

UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR ABSTRAK YAYA RUGAYAH, 1423040019, 2014, Pengaruh Pengetahuan K3 Terhadap Kedisiplinan Siswa Berpraktikum Di Bengkel Otomotif SMK Negeri 3 Makassar. Pembimbing Faizal Amir dan Moh. Ahsan S Mandra. Penelitian ini bersifat deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk mengetahui: 1) tingkat pengetahuan K3 2) tingkat kedisiplinan siswa 3) pengaruh pengetahuan K3 terhadap kedisiplinan siswa berpraktikum di bengkel otomotif SMK Negeri 3 Makassar dengan jumlah 47 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan kuesioner/angket yang telah diuji validasi oleh para ahli (expert judgment). Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, 1) Tingkat pengetahuan K3 berada dalam kategori tinggi sebanyak 46 responden (97,87%) 2) Tingkat kedisiplinan berpraktikum berada dalam kategori tinggi sebanyak 43 responden (91,48%) 3) Terdapat pengaruh pengetahuan K3 terhadap kedisiplinan berpraktikum yang berarti nilai r hitung >r tabel (0,334>0,111) berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan hipotesis nol (H 0 ) di tolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan Pengetahuan K3 (X) terhadap Kedisiplinan Berpraktikum Siswa (Y). Kata Kunci : Pengetahuan K3, Kedisiplinan Berpraktikum

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Aug 2019 02:36
Last Modified: 02 Aug 2019 02:36
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14354

Actions (login required)

View Item View Item