PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI METODE TEAM-GAMES-TURNAMENTS (TGT) PADA PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 13 MAKASSAR

Darussalam, Darussalam (2019) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI MELALUI METODE TEAM-GAMES-TURNAMENTS (TGT) PADA PERMAINAN BULUTANGKIS SISWA KELAS VII.3 SMP NEGERI 13 MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar Penjasorkes Siswa kelas VII.3. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimanakah penerapan metode kooperatif tipeteam-games-turnamens dalam meningkatkan hasil belajar bulutangkis siswa kelas VII.3 SMP Negeri 13 Makassar?. Tujuan penelitian yaitu untuk mendeskripsikan penerapan metode koopertif tipe team-games-turnamens dalam meningkatkan hasil bulutangkis siswa kelasVII.3 SMP Negeri 13 Makassar. Pendekatan penelitian yaitu pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan jenis PTK yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sementara fokus penelitian adalah penerapan metode kooperatif tipe team-games-turnamens dan hasil belajar siswa kelas Kelas VII.3 SMP Negeri 13 Makassar. Subjek penelitian yaitu guru dan siswa kelas Kelas VII.3 SMP Negeri 13 Makassar yang berjumlah 25 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data terdiri dari kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan hasil belajar siswa pada siklus I dengan kategori cukup dan meningkat menjadi kategori baik di siklus II. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa penerapan metode kooperatif tipe teamgames-turnamens dapat meningkatkan hasil belajar Penjasorkes siswa kelas Kelas VII.3 SMP Negeri 13 Makassar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Aug 2019 01:30
Last Modified: 02 Aug 2019 01:30
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14341

Actions (login required)

View Item View Item