Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar)

ARIFIN, IRFAN (2011) Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar). S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
IRFAN ARIFIN..docx

Download (17kB)

ABSTRAK IRFAN ARIFIN. Memahami Alur Kerja Produk Cetak (Paket Pembelajaran Buklet Elektronik Bagi Mahasiswa Peserta Mata Kuliah Grafika Program Studi Desain Komunikasi Visual Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar) (dibimbing oleh Sofyan Salam dan Hasnawati). Penelitian ini bertujuan: untuk membuat paket pembelajaran yang efektif dan praktis dengan menerapkan program aplikasi multimedia menjadi buklet elektronik bagi mahasiswa Program Studi Desain Komunikasi Visual dalam memahami alur kerja produk cetak desain grafis, paket ini terdiri atas komponen; (1) petunjuk paket pembelajaran, (2) Aplikasi Power Point, (3) Buklet elektronik, dan (4) post test. Responden yang terlibat dalam penelitian ini adalah 35 responden, yang terdiri dari 1 dosen fasilitator, 1 ahli materi, 1 ahli media, 3 orang mahasiswa pada uji coba satu-satu, 6 orang mahasiswa pada uji coba kelompok kecil, dan 23 mahasiswa pada uji coba lapangan. Data yang digali dalam penelitian ini adalah data dari dosen fasilitator, data validasi dari ahli materi dan ahli media, data tanggapan mahasiswa terhadap kualitas petunjuk paket, aspek tampilan, aspek pemrograman, aspek pembelajaran dan aspek isi, serta data perbandingan nilai pre-test dan post-test. Instrumen pengumpulan data berupa lembar penilaian untuk dosen fasilitator, ahli media dan ahli materi, kuesioner kepada uji coba satu-satu, kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; 1) paket pembelajaran buklet elektronik ini efektif karena dianggap mempunyai daya tarik sangat tinggi sehingga mampu meningkatkan motivasi dan prestasi peserta didik dengan rerata persentase peningkatan nilai antara nilai pre-test dengan post-test sebesar 31,95. 2) paket dari segi kepraktisan dianggap praktis berdasarkan hasil evaluasi dan uji coba responden yang menyatakan kemudahan dalam menggunakan paket dengan nilai rerata dengan kualitas petunjuk paket pembelajaran, isi, tampilan, dan pemprograman, mencapai rerata skor 4,25, yaitu nilai A, yakni dianggap ”sangat bagus dan sangat jelas”. 3) paket pembelajaran ini valid berdasarkan hasil validasi dan penilaian dari kedua ahli bahwa paket pembelajaran buklet elektronik memahami alur kerja produk cetak tersebut dapat diaplikasikan secara optimal dalam mata kuliah grafika sehingga layak digunakan dalam pembelajaran ABSTRACT IRFAN ARIFIN. 2011. Understanding the Procedure of Printed Product (An Electronic Booklet Learning Package for Student Undertaking Graphic Design Course at Visual Communication Design Study Program, Faculty of Arts and Design, State University of Makassar) (Supervised by Sofyan Salam and Hasnawati) This study aimed at making an effective and practical learning package by applying multimedia application program to electronic booklet for students of Visual Communication Design Study Program in understanding the procedure of printed design of graphics design. The package consisted of several components: (1) the guideline of learning package, (2) Power point application, (3) electronic booklet, and (4) the post test. The respondents involved in this study was 35 respondents consisted of 1 lecture as a facilitator, 1 expert of material, 1 expert of media, 3 students in one to one test, 6 students is small group test, 23 students in field test. Data obtained from this study were data from the facilitator validation data from the experts of material and media, data on students’ feedback toward the quality of package guideline, the display, the program, the learning and content, as well as data of comparison of the pre-test and post-test. The Instrument of data collecting were the evaluation sheet for facilitator, media and material expert, questionnaire for students in one tryout, small group tryout, and field tryout. Data was analyzed by using quantitative descriptive analysis which conversed to qualitative data. The result revealed that (1) the electronic booklet of learning was effective because it was interesting which could motivate and improve students’ achievement with the mean percentage between the pre-test and post-test by 31.95; (2) the package was considered practical based on the result of evaluation and the respondents who revealed the easiness in using the package with the mean score of the quality of the guideline of learning package, content, display, and program by 4.25, which was or excellent and very clear; and (3) the package was valid based on the result of validation and evaluation from two experts that the learning package of electronic booklet in understanding the working stages of printed product could be applied optimally in graphic course and feasible to be used.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:33
Last Modified: 02 Dec 2016 07:33
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1433

Actions (login required)

View Item View Item