Potensi Trichoderma spp. Sebagai Agens Hayati dalam Menghambat Pertumbuhan Cendawan Ganoderma Boninense

Rachmawaty, Rachmawaty (2016) Potensi Trichoderma spp. Sebagai Agens Hayati dalam Menghambat Pertumbuhan Cendawan Ganoderma Boninense. In: Seminar Nasional Biologi “Peranan Biologi dalam Peningkatan Konservasi Keragaman Hayati”, 28 Maret 2016, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Potensi Trichoderma spp. Sebagai Agens Hayati.....pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review Artikel Prosiding Nasional - Potensi Trichoderma spp sebagai Agens Hayati dala Menghambat.....pdf - Published Version

Download (523kB) | Preview

Abstract

Abstrak: Salah satu permasalahan dalam hudtdaya kelapa sawit adalah adanya serangan penyakit busuk pangkal batang yang disebabkan oleh cendawan Ganodema boninense. Penyakit busuk pangkal batang (BPB) akibat G. boninense merupakan penyakit yang pating ditahukan, dimana tingkat kemalian tanaman akibat serangannya bisa mencapai 80% pada satu area. Dila/>orkan penyakit BPB ini telah merusakkan perkebunan kelapa sawit di Malaysia sampai 45%, dan merusakkan perkebunan kelapa sawit di Indonesia sam/xti 54%. Beberapa jamur atau cendawan mempunyai potensi sebagai agens hayati dari jamur patogenik diantaranya adalah Trichoderma spp. Jamur Trichoderma spp. digunakan sebagai jamur atau cendawan antagonis yang mampu menghambat perkembangan patogen melalui proses mikoparasitisme, antibiosis dan kompetisi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan Trichoderma sp. sebagai agens hayati dalam menghambat pertumbuhan cendawan Ganoderma boninense secara in vitro. Uji kemampuan penghambatan pertumbuhan dilakukan secara kultur ganda (duaI culture) dengan menumbuhkan masing-masing cendawan agens hayati dengan Ganodema boninense dalam cawan petri berisi media PDA secara berhadapan dengan jarak 3 cm. Persentase hambatan, tipe interaksi dan mekanisme interaksi diamati pada 4 hari sesudah inokulasi. Hasil pengamatan persentase hambatan menunjukkan bahwa Trichoderma spp memiliki daya hambat yang sangat baik yaitu 99% terhadap pertumbuhan Ganoderma boninense. Mekanisme antagonis Trichoderma spp terhadap G.boninense adalah kompetisi dan parasitisme.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Uncontrolled Keywords: Trichoderma spp, Agens hayati, Ganoderma boninense
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 01 Aug 2019 09:19
Last Modified: 01 Aug 2019 09:19
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14328

Actions (login required)

View Item View Item