PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT

djumingin, sulastriningsih (2016) PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING DALAM MENULIS TEKS ANEKDOT. In: Seminar Nasional Asosiasi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (APROBSI) : "MemperkukuhPeran APROBSI dalamMewujudkan Kemitraan dan Pemberdayaan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia yang Mandiri", 29-30 April 2016, Makassar, Indonesia.

[img] Text
Sertifikat dan Artikel Prosiding Seminar Internasional - Penerapan Model Discovery Learning.....pdf

Download (10MB)
[img]
Preview
Text
PR ANEKDOT.pdf

Download (871kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian : (I) mendeskripsikan kemampuan menulis teks anekdot tanpa penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar, (2) mendeksipsikan kemampuan menulis teks anekdot dengan penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar, (3) menguji keefektifan penerapan model discovery learning dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Desain penelitian adalah eksperimen murni. Sampel penelitian untuk kelas kontrol yaitu 30 orang dan untuk kelas eksperimen yaitu 30 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes. Data dikumpulkan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif dan statistik inferensial jenis uji t yang diolah menggunakan program SPSS 21 for windows. Hal menunjukkan bahwa: (1) kemampuan menulis teks anekdot tanpa penerapan model discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar bahwa 10 orang (33%) peserta didik memperoleh nilai 2,66 ke atas dengan nilai rata-rata peserta didik 2,50 dengan predikat C+, (2) Kemampuan menulis teks anekdot dengan penerapan discovery learning siswa kelas X SMA Negeri 3 Makassar dinyatakan bahwa 27 (90%) peserta didik memperoleh nilai 2,66 ke atas dengan nilai rata-rata peserta didik 3,15 dengan predikat B+, (3) model discovery learning efektif diterapkan dalam menulis teks anekdot siswa kelas X SMA Negeri 3 Makasar. Perbadingan hasil kemampuan kelas kontrol dan eksperimen menunjukkan bahwa nilai t hitung lebih besar dari nilai t tabel (3,681 > 1,677). Hal ini membuktikan bahwa hipotesis penelitian yang diajukan diterima. Kata kunci: Keefektifan, discovery learning, teks anekdot

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jul 2019 04:01
Last Modified: 08 Sep 2020 02:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14313

Actions (login required)

View Item View Item