PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA DAN KEMANDIRIAN PRIBADI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI PADA USAHA MIKRO DI KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR)

Rahmi, Rahmi (2019) PENGARUH KOMPETENSI WIRAUSAHA DAN KEMANDIRIAN PRIBADI TERHADAP KEBERHASILAN USAHA (STUDI PADA USAHA MIKRO DI KECAMATAN GALESONG UTARA KABUPATEN TAKALAR). Diploma thesis, UNEVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL-RAHMI.pdf

Download (258kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Rahmi, 2019. “Pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha (Studi Pada Usaha Mikro di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar). Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Makassar. Dibimbing oleh Dr. Mustari, S.E.,M.Si dan Dr. Muhammad Rakib, S.Pd.,M.Si. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Kompetensi Wirausaha Dan Kemandirian Pribadi Terhadap Keberhasilan Usaha Mikro di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Penelitian dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kuantitatif dengan populasi sebanyak 230 usaha mikro yang berada di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengunakan teknik observasi, kuesioner, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis statistk deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi wirausaha dan kemandirian pribadi secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keberhasilan usaha mikro di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Hal ini dapat dilihat dari analisis data yang dilakukan yaitu dengan persamaan regresi Y = 13,274 + 0,462X1 + 0,524 X2. Nilai Adjusted R square yang diperoleh sebesar 0,380 artinya 38% besarnya kompetensi wirausaha dan kemandirian pribadi terhadap keberhasilan usaha, serta telah dilakukan uji hipotesis (Uji t). Hasil analisis diperoleh bahwa variabel kompetensi wirausaha (X1) memiliki koefisien regresi sebesar 0,462 dan kemandirian pribadi (X2) sebesar 0,524 (bertanda positif) terhadap keberhasilan usaha. Sehingga dapat dikatakan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan antara kompetensi wirausaha dan kemandirian pribadi terhadap keberhasilan usaha mikro di Kecamatan Galesong Utara Kabupaten Takalar. Kata Kunci: kompetensi wirausaha, kemandirian pribadi, keberhasilan usaha.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 31 Jul 2019 02:25
Last Modified: 31 Jul 2019 02:25
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14310

Actions (login required)

View Item View Item