FAISAL, FAISAL (2011) Pengembangan Paket Pembelajaran Kartun Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Text
FAISAL.docx Download (14kB) |
Abstract
ABSTRAK FAISAL. Pengembangan Paket Pembelajaran Kartun Untuk Mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar. (Dibimbing oleh Sofyan Salam dan Jalil). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan paket pembelajaran kartun bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang layak digunakan dalam pembelajaran dan untuk mengetahui keefektifan dan kepraktisan paket pembelajaran kartun ditinjau dari aspek pembelajaran serta aspek tampilan dan isi. Produk akhir yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah paket pembelajaran tentang kartun untuk mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa yang terdiri dari komponen paket, yaitu: petunjuk untuk dosen, petunjuk untuk mahasiswa, buku teks memahami kartun, buku kumpulan karya kartun, power point, dan post test. Pengembangan paket pembelajaran ini dilakukan melalui beberapa tahapan, yaitu: analisis kebutuhan, desain pengembangan pembelajaran, pengembangan paket, evaluasi, dan produk akhir paket. Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Seni Rupa Fakultas Seni dan Desain Universitas Negeri Makassar, angkatan 2009. Sebelum paket diuji coba, terlebih dahulu paket divalidasi oleh ahli media dan ahli materi. Selanjutnya, paket diuji coba melalui tiga tahap, yaitu uji coba satu-satu (tiga orang), uji coba kelompok kecil (enam orang), dan uji coba kelompok besar (dua puluh orang). Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket untuk ahli media dan ahli materi, angket untuk mahasiswa yang ikut dalam uji coba satu-satu, uji coba kelompok kecil, uji coba lapangan dan hasil pre test dan post test mahasiswa. Teknis analisis data menggunakan analisis data deskriptif kuantitatif yang dikonversikan ke data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Paket pembelajaran ini efektif, yang ditunjukkan oleh skor post-test mahasiswa dalam memahami materi paket sesuai dengan tujuan pembelajaran; (2) Paket pembelajaran ini dikatakan praktis setelah diadakan revisi berdasarkan masukan dan saran dari berbagai pihak; (3) Paket pembelajaran ini valid berdasarkan hasil validasi dari dua orang ahli. ABSTRACT FAISAL. 2011. Development of Cartoon Learning Package for Students of Art Education Study Program of the Faculty of Arts and Design at the State University of Makassar (supervised by Sofyan Salam and Jalil). This study aimed at developing cartoon learning package for students of Art education study program which was feasible to be used in learning and examining the effectiveness and the practicality of cartoon learning package viewed from the aspect of learning as well as the display and content. The product of this study was a package of learning consisted of: guideline for lecture, guideline for lecture, guideline for students, textbook to understand the cartoon, collection of works of cartoon, powerpoint, and the post-test. The development of the package was conducted through several stages: need analysis, learning development design, package development, evaluation, and the product of the package. The subjects of this study were the students of Art Education study program of the Faculty of Arts and Design at the State University of Makassar of the academic year 2009. Before the package was tested, the package was validated by the eksperts of media and material beforehand. Afterwards, the package was tested in three stages, namely one to one test (three people), small group test (six people), and large group test (twenty people). The instruments employed in data collection were the questionnaire for the eksperts of media and material, the questionnaire for students who were in one-to-one, small group, and large group, and the result of pre-test and post-test of the students. Data were analyzed by using quantitative descriptive analysis which was conversed to qualitative data. The result revealed that (1) the package was effective showed by students’ post-test result in comprehending the material of the package according to the objective of learning; (2) the package was confirmed as practical after conducted revision based on the feedback and suggestion from various parties; and (3) the package was valid based on the validation result from the two eksperts.
Item Type: | Thesis (S1) |
---|---|
Subjects: | PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2) |
Divisions: | PROGRAM PASCASARJANA |
Depositing User: | UPT PERPUSTAKAAN UNM |
Date Deposited: | 02 Dec 2016 07:28 |
Last Modified: | 02 Dec 2016 07:28 |
URI: | http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1431 |
Actions (login required)
View Item |