PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM KENDALI MOTOR LISTRIK BERBASIS SOFTWARE SIMULATOR TEKNIK KONTROL LISTRIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK

Safitri, Rini (2019) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR SISTEM KENDALI MOTOR LISTRIK BERBASIS SOFTWARE SIMULATOR TEKNIK KONTROL LISTRIK PADA MATA PELAJARAN INSTALASI MOTOR LISTRIK DI SMK. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
Artikel tesis.pdf

Download (510kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK RINI SAFITRI. 2019. Pengembangan Bahan Ajar Sistem Kendali Motor Listrik Berbasis Software Simulator Teknik Kontrol Listrik pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik di SMK. (Dibimbing oleh Mustari Lamada dan Anas Arfandi). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar sistem kendali motor listrik berbasis software Simulator Teknik Kontrol Listrik yang valid, praktis dan efektif. Bahan ajar yang dihasilkan meliputi: (1) Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP); (2) video tutorial; (3) buku panduan; (4) Jobsheet; dan (5) Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE yang terdiri dari 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation. Prosedur pengujian dalam penelitian ini melalui 3 tahapan yaitu validasi ahli, uji coba terbatas dan uji coba lapangan. Subjek penelitian ini adalah pendidik dan peserta didik kelas XI TIPTL di SMK Negeri 3 Soppeng dan SMK Negeri 5 Wajo. Teknik pengumpulan data yang digunakan antara lain wawancara, pengamatan, penyebaran angket, pemberian tes dan dokumentasi. Teknik analisis data mencakup analisis kevalidan, kepraktisan dan keefektifan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan setelah dilakukan validasi dinyatakan valid dan layak digunakan. Berdasarkan hasil uji coba terbatas diperoleh persentase 90,00% dan uji coba lapangan sebesar 92,10% sehingga dapat dikategorikan sangat praktis digunakan oleh peserta didik. Berdasarkan hasil tes belajar diperoleh 92% peserta didik dinyatakan lulus sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan bahan ajar sangat efektif. Bahan ajar yang dikembangkan memenuhi syarat kevalidan, kepraktisan dan keefektifan sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Kata kunci: bahan ajar, efektif, praktis, software EKTS, valid

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
PASCASARJANA > Pendidikan dan Kejuruan (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 29 Jul 2019 06:51
Last Modified: 29 Jul 2019 06:51
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14300

Actions (login required)

View Item View Item