Peningkatan Hasil Pembelajaran Menggambar Bentuk dengan Menggunakan Objek Gambar Perorangan untuk Siswa Kelas VII.B SMP Negeri 6 Makassar

AMARUDDIN, AMARUDDIN (2012) Peningkatan Hasil Pembelajaran Menggambar Bentuk dengan Menggunakan Objek Gambar Perorangan untuk Siswa Kelas VII.B SMP Negeri 6 Makassar. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
AMARUDDIN.docx

Download (13kB)

Abstract

ABSTRAK AMARUDDIN. Peningkatan Hasil Pembelajaran Menggambar Bentuk dengan Menggunakan Objek Gambar Perorangan untuk Siswa Kelas VII.B SMP Negeri 6 Makassar. (Dibimbing oleh Abd. Aziz Ahmad, dan Alimuddin) Masalah yang dialami siswa kelas VII.B SMP Negeri 6 Makassar dalam pembelajaran seni rupa khususnya pada Kompetensi Dasar yaitu menggambar bentuk adalah nilai hasil pembelajaran menggambar bentuk rata-rata belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan yakni 75. Masalah lain yang dialami siswa dalam pembelajaran menggambar bentuk dengan objek gambar yang telah ditentukan oleh guru antara lain; sebagian besar siswa kurang fokus terhadap pelajaran, bosan, mengantuk, dan ribut di dalam kelas saat proses menggambar bentuk sedang berlangsung. Metode yang digunakan untuk mengatasi permasalahan yang dialami siswa adalah menerapkan metode pembelajaran menggambar bentuk yang sebelumnya menggunakan objek gambar yang telah ditentukan oleh guru, kemudian dengan menggunakan objek gambar perorangan, yakni memberikan kebebasan pada siswa untuk memilih sendiri objek gambar bentuk yang akan dibuat. Hasil pembelajaran menggambar bentuk pada siswa kelas VII.B SMP Negeri 6 Makassar dengan menggunakan objek gambar perorangan mengalami peningkatan nilai rata-rata dari siklus I ke siklus II, dan peningkatan hasil pembelajaran menggambar bentuk dengan menggunakan objek gambar perorangan bukan hanya pada peningkatan hasil nilai tugas menggambar, tetapi juga meningkatkan motivasi belajar dan mengubah prilaku belajarnya siswa ke arah yang lebih positif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut di atas, maka disarankan kepada guru seni budaya, khususnya guru seni rupa agar hasil penelitian ini dijadikan referensi guna menemukan metode yang efektif dan bervariasi dalam usaha meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah. Disarankan pula kepada peneliti yang akan mengadakan penelitian lanjutan, agar hasil penelitian ini menjadi acuan penelitian guna meningkatkan kualitas pembelajaran menggambar bentuk di sekolah. ABSTRACT AMARUDDIN. 2012. The Improvement of Learning Achievement in Still Life Drawing Using Individual Image Object to Grade VII.B Students’at SMP Negeri 6 Makassar. (Supervised by Abd. Aziz Ahmad and Alimuddin) The problem discovered at grade VII.B students’ at SMP Negeri 6 Makassar in fine arts learning particularly on basic competence which was still life drawing, was the result in still life drawing learning which had not met the set average of the criteria of minimal master (KKM), 75. Other problem found in still life drawing learning with image object set by teachers were most students’ lack of focusing on the subject, bored, sleepy, and made noises in class during the teaching and learning process. The method employed to overcome the problem was by applying in still life drawing learning method that before applying image object set by the teacher, then applying individual image object which gave freedom to students’ to choose their own still life drawing object to be drawing. The results in still life drawing by using individual image object at grade VII.B students’ of SMP Negeri 6 Makassar by using individual image object improved the average score from cycle I to cycle II and the improvement was not only on the resulsst of drawing assignment, but also learning motivation and changed students’ learning attitude to a positive one. Based on the result of the research, it is suggested to teachers of arts and culture, particularly teachers of fine arts to make this study as a reference to discover an effective method and varied in an effort to improve the quality of learning in schools. It is suggested to researchers as well who interested to conduct advanced research to use this study as a reference to improve the quality of learning in still life drawing in schools.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN SENI RUPA - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:24
Last Modified: 02 Dec 2016 07:24
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1429

Actions (login required)

View Item View Item