IMPLEMENTASI MATERI ECOLITERACY PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 1 JENEPONTO

Sultan, Habibi (2019) IMPLEMENTASI MATERI ECOLITERACY PADA MATA PELAJARAN IPS DI MTs NEGERI 1 JENEPONTO. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKSSAR.

[img]
Preview
Text
jurnal habibi 2.pdf

Download (250kB) | Preview

Abstract

HABIBI SULTAN. 2019. Implementasi Materi Ecoliteracy Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Negeri 1 Jeneponto. (Di bawah bimbingan Amiruddin, sebagai pembimbing I, dan Herman, sebagai pembimbing II). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian materi Ecoliteracy pada mata pelajaran IPS dan factor determinan dalam pengimplementasian materi Ecoliteracy pada mata pelajaran IPS. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini peneliti mengumpulkan data dengan observasi dengan mengamati dan berinteraksi dengan kepala sekolah guru IPS dan siswa-siswi MTs Negeri 1 Jeneponto dengan wawancara mendalam dan mencari data dengan mengkaji dokumentasinya. Dalam penelitian ini pemilihan informan menggunakan purposive sampling sedangkan teknik pengabsahan data yang digunakan adalah triangulasi sumber. Penelitian memperoleh hasil bahwa penerapan materi Ecoliteracy pada mata pelajaran IPS (1) pada aspek kognitif telah diintegrasikan namun hanya pada materi pokok saja sedangkan pada aspek afektif dan psikomotor telah dintegrasikan dengan baik terbukti dari sikap siswa yang menunjukkan kepedulian terhadap lingkungan dan terampil dalam mengolah sampah serta memelihara tanaman sekolah, (2) Kemudian factor determinan dalam penerapan materi Ecoliteracy adalah (a) latar belakang pendidikan, (b) pengalaman mengajar. Kata Kunci : Ecoliteracy, Mata Pelajaran IPS

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > PENDIDIKAN ILMU SOSIAL - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 26 Jul 2019 07:44
Last Modified: 26 Jul 2019 07:44
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14288

Actions (login required)

View Item View Item