Analisis Perilaku Siswa Dalam Melestarikan Lingkungan Di SMK-SMTI Makassar

SYAHRUDDIN S, SYAHRUDDIN S (2014) Analisis Perilaku Siswa Dalam Melestarikan Lingkungan Di SMK-SMTI Makassar. S2 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img] Text
Syahruddin S..docx

Download (14kB)

ABSTRAK SYAHRUDDIN S. Analisis Perilaku Siswa Dalam Melestarikan Lingkungan Di SMK-SMTI Makassar. (Dibimbing oleh Lahming Serta Faisal Amir) Tujuan penelitian, yaitu : (1) untuk mengetahui perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar, (2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa , kepala sekolah, dan guru di SMK SMTI Makassar yang secara akumulatif sebanyak 50 orang yang dipilih secara Purpossive demi kebutuhan dan kepentingan dalam penyusunan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar yakni secara agaris besar siswa sudah mengetahui maksud dan tujuan dari melestarikan lingkungan namun dalam bentuk pengaplikasian siswa masih kurang menerapkannya, terlihat masih banyaknya sampah yang berserakan di sekitar halaman sekolah. Terkait dengan itu siswa mengharapkan adanya penembahan sarana dan prasarana pendukung agar dapat tercipta kelestarian lingkungan di sekolah, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar yaitu menciptakan pelestarian lingkungan sekolah guna meningkatkan mutu sekolah ke depannya. Kurang tegasnya aturan yang berlaku sehingga pelanggaran masih berjalan. Pemahaman pentingnya menjaga dan memaksimalkan pelestraian lingkungan sekolah. Ketegasan guru dalam mengawasi dan memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar, dan peran siswa dalam menjaga pelestarian lingkungan. ABSTRAK SYAHRUDDIN S. Analisis Perilaku Siswa Dalam Melestarikan Lingkungan Di SMK-SMTI Makassar. (Dibimbing oleh Lahming Serta Faisal Amir) Tujuan penelitian, yaitu : (1) untuk mengetahui perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar, (2) untuk mengetahui faktor yang mendukung dan menghambat perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar. Jenis penelitian ini adalah kualitatif. Subyek penelitian ini adalah siswa , kepala sekolah, dan guru di SMK SMTI Makassar yang secara akumulatif sebanyak 50 orang yang dipilih secara Purpossive demi kebutuhan dan kepentingan dalam penyusunan penelitian. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar yakni secara agaris besar siswa sudah mengetahui maksud dan tujuan dari melestarikan lingkungan namun dalam bentuk pengaplikasian siswa masih kurang menerapkannya, terlihat masih banyaknya sampah yang berserakan di sekitar halaman sekolah. Terkait dengan itu siswa mengharapkan adanya penembahan sarana dan prasarana pendukung agar dapat tercipta kelestarian lingkungan di sekolah, (2) faktor-faktor yang mendukung dan menghambat perilaku siswa dalam melestarikan lingkungan di SMK SMTI Makassar yaitu menciptakan pelestarian lingkungan sekolah guna meningkatkan mutu sekolah ke depannya. Kurang tegasnya aturan yang berlaku sehingga pelanggaran masih berjalan. Pemahaman pentingnya menjaga dan memaksimalkan pelestraian lingkungan sekolah. Ketegasan guru dalam mengawasi dan memberikan sanksi terhadap siswa yang melanggar, dan peran siswa dalam menjaga pelestarian lingkungan. ABSTRACT SYAHRUDDIN S. 2014. Analysis On Students Behavior In Preserving The Environment In SMK-SMTI Makassar (Supervised by Lahming and Faisal Amir) The study aimed at examining (1) the students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar, (2) the supporting and inhibiting factors students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar. This study was qualitative research. The subjects of the study were the students, principal, and teachers at SMK SMTI Makassar with the total 50 peopleselected purposively based on the needs of the study. Data were collected through observation, interview, and documentation. The results of the study revealed that (1) students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar was they acknowledge the meaning and objective of preserving the environment; however, they lacked in applying the application, proved by littering at school. In relation to the matter, students expected supporting facility and infrastructure to create environment preservation in school, (2) the supporting and inhibiting factors of students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makasar were to create environment preservation in school in order to improve school’s quality in the future, less assertive in implementing the applicable rules created infringementup to theses days, understanding in protecting and maximizing environment preservation in school, teachers assertiveness in controlling and providing sanction toward students who did violation, and students roles in keeping the environment preservation. ABSTRACT SYAHRUDDIN S. 2014. Analysis On Students Behavior In Preserving The Environment In SMK-SMTI Makassar (Supervised by Lahming and Faisal Amir) The study aimed at examining (1) the students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar, (2) the supporting and inhibiting factors students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar. This study was qualitative research. The subjects of the study were the students, principal, and teachers at SMK SMTI Makassar with the total 50 peopleselected purposively based on the needs of the study. Data were collected through observation, interview, and documentation. The results of the study revealed that (1) students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makassar was they acknowledge the meaning and objective of preserving the environment; however, they lacked in applying the application, proved by littering at school. In relation to the matter, students expected supporting facility and infrastructure to create environment preservation in school, (2) the supporting and inhibiting factors of students behavior in preserving the environment in SMK SMTI Makasar were to create environment preservation in school in order to improve school’s quality in the future, less assertive in implementing the applicable rules created infringementup to theses days, understanding in protecting and maximizing environment preservation in school, teachers assertiveness in controlling and providing sanction toward students who did violation, and students roles in keeping the environment preservation.

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Kependudukan dan Lingk. Hidup (s2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 02 Dec 2016 07:14
Last Modified: 02 Dec 2016 07:15
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/1427

Actions (login required)

View Item View Item