EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 PINRANG

Tansri, Mawaddah (2019) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN PENJAS TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SMP NEGERI 1 PINRANG. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal pdf adda.pdf

Download (285kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Mawaddah Tansri, 2019. Efektivitas Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri 1 Pinrang. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Makassar. ( Dibimbing oleh Muh. Adnan Hudain dan Benny Badaru) Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Pembelajaran Penjas Terhadap Pembentukan Karakter Siswa SMP Negeri 1 Pinrang. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Variabel penelitian terdiri dari variabel bebas yaitu pembelajaran penjas dan variabel terikat yaitu karakter siswa. Populasi dalam penelitian merupakan seluruh siswa SMP Negeri 1 Pinrang kelas VIII, dengan sampel 40 orang yang ditentukan menggunakan random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dan dikumentasi. Dalam tekhnik analisis data mengunakan analisis deskriptif, analisis korelasi product moment dan uji regresi menggunakan system SPSS versi 20.00 pada taraf signifikansi α = 5%. Hasil analisis deskriptif menunjukkan pembelajaran penjas dan pembentukan karakter sisa berada pada kategori baik. Hasil analisi product moment menunjukkan ada hubungan anatar pembelajaran penjas dengan pembentukan karakter siswa SMP Negeri 1 Pinrang. Namun ada uji regresi menunjukkan tidak ada pengaruhnya antara pembelajaran penjas dan pembentukan karakter siswa SMP Negeri 1 Pinrang. Kata Kunci : Efektivitas,Pembelajaran Penjas, pembentukan,karakter.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 25 Jul 2019 05:13
Last Modified: 25 Jul 2019 05:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14261

Actions (login required)

View Item View Item