PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN JAGUNG DI DESA TANAH TOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA

IRMAWATI, IRMAWATI (2019) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI PROGRAM PELATIHAN DIVERSIFIKASI PRODUK OLAHAN JAGUNG DI DESA TANAH TOA KECAMATAN KAJANG KABUPATEN BULUKUMBA. Diploma thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
JURNAL 1.pdf

Download (769kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK IRMAWATI. 2019. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Jagung Di Desa Tanah Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba”. Skripsi. Dibimbing oleh Dr. Muhammad Rakib, S.Pd., M.Si dan Prof. Dr. H. Muchtar Yunus, M,Si Dosen Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Makassar. Penelitian ini dilandasi oleh beberapa konsep yaitu pemberdayaan masyarakat dan diversifikasi produk. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode deksriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah enam orang yang terdiri dari warga masyarakat setempat. Hasil penelitian antara lain; 1) Pelatihan diversifikasi produk olahan jagung pada pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan diversifkasi produk olahan jagung di desa Tanah Toa kecamatan Kajang kabupaten Bulukumba berupa produk olahan barongko, banno’ modern daan bipang banno’; 2) Partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan diversifikasi produk olahan jagung di desa Tanah Toa kecamatan Kajang kabupaten Bulukumba sangat kurang; 3) Dampak yang dirasakan oleh masyarakat setelah mengikuti pemberdayaan masyarakat melalui program pelatihan diversifikasi produk olahan jagung yaitu masyarakat sudah mampu untuk memproduksi sendiri olahan barongko, banno’ modern dan bipang banno’, masyarakat dapat mengembangkan jiwa berwirausaha mereka dengan menciptakan usaha sendiri, dan masyarakat dapat mengembangkan skill atau bakat mereka dengan diberikannya wadah tersebut, serta masyarakat dapat membantu keuangan keluarga mereka bagi yang sudah membuat usaha olahan jagung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS EKONOMI > Manajemen > Pendidikan Ekonomi
FAKULTAS EKONOMI > Pendidikan Ekonomi
Divisions: FAKULTAS EKONOMI
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jul 2019 03:31
Last Modified: 22 Jul 2019 03:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14234

Actions (login required)

View Item View Item