Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Menyenangkan: Telaah pada Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Membaca

Azis, Abdul and Ramly, Ramly (2014) Pembelajaran Bahasa Indonesia Yang Menyenangkan: Telaah pada Teknik Pembelajaran dan Pengajaran Membaca. In: Seminar Nasional Pendidikan Bahasa Implementasi Kurikulum 2013 "Pembelajaran Bahasa (Indonesia, Daerah, Asing) dan Sastra dalam Kurikulum 2013", 12 Juni 2014, Jakarta, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Prosiding k 2013.pdf - Published Version

Download (9MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Artikel Prosiding Seminar Nasional)
Peer Review - Artikel Prosiding Seminar Nasional - Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Menyenangkan....pdf - Published Version

Download (813kB) | Preview

Abstract

Seluruh Pemakai bahasa Indonesia bangga terhadap bahasanya. Namun sikap dan perilaku berbahasa mereke sehari hari masih jauh dari yang diharapkan, termasuk dalam situasi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah. Dalam Aktivitas pembelajaran bahasa Indonesia sehari-hari, penggunaan teknik pembelajaran dan penguasaan keterampilan berbahasa indonesia makin pudar dan terpinggirkan.Maraknya fenomena jejaring sosial, makin meminggirkan penggunaan teknik pembelajaran dan penguasaan keterampilan pemakaian bahasa Indonesia. Cukup Ironi, Bahasa Indonesia makin terpojok dan tidak mampu menjadi mata pelajaran dengan hasil US/UN tertinggi dari sejumlah mata pelajaran yang diujikan. Ketimpangan terhadap pembelajaran dan penguasaan keterampilan berbahasa Indonesia. Siswa lebih sering merasa bosan dalam belajar.Belajar bahasa Indonesia monoton dan dalam berbahasa. Pembelajaran bahasa indonesia pada keterampilan membaca siswa masih belum optimal. Konsikuensinya, keterampilan berbicara dan menulis siswa pun ikut memprihatinkan.

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 22 Jul 2019 02:49
Last Modified: 04 Nov 2019 05:31
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14228

Actions (login required)

View Item View Item