PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 20 TALA-TALA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG

NURHIKMA, NURHIKMA (2019) PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA SISWA KELAS IV SDN 20 TALA-TALA KECAMATAN BANTAENG KABUPATEN BANTAENG. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL 1.pdf

Download (605kB) | Preview

Abstract

Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk (i) mengetahui gambaran penerapan pendekatan saintifik dalam pembelajaran IPA, (ii) mengetahui gambaran minat belajar IPA pada kelompok kontrol, (iii) mengetahui gambaran minat belajar IPA pada kelompok Eksperimen, (iv) mengetahui pengaruh penerapan pendekatan saintifik terhadap minat belajar IPA pada siswa kelas IV SDN 20 Tala-tala Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian true eksperimen dengan rancanagan Pre-test Post-test Control Group Design. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 20 Tala-tala Kecamatan Bissappu Kabupaten Bantaeng. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 74 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah 62 orang siswa, 31 orang siswa kelas IVa dan 31 orang siswa kelas IVb. Penentuan kelompok eksperimen dan kelompok kontrol dengan cara simple random sampling. Data yang diperoleh dianalisis dengan tehnik analisis statistik deskriptif dan tehnik analisis inferensial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa(i) penerapan pendekatan saintifik yang dilakukan oleh guru dan siswa dalam pembelajaran IPA tergolong pada kategori sangat baik. (ii) Minat belajar kelompok eksperimen mengalami peningkatan dari hasil pretest yang berada pada kategori kurang dan setelah diberikan post-test berada pada kategori baik sekali. (iii) minat belajar kelompok kontrol pada pre-test berada pada kategori kurang dan post-test berada pada kategori cukup. (iv) Penerapan pendekatan saintifik berpengaruh terhadap minat belajar IPA. Kata Kunci: Penerapan Pendekatan Saintifik, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Minat belajar

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: PASCASARJANA > ADMINISTRASI PENDIDIKAN - (S2)
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 19 Jul 2019 08:18
Last Modified: 19 Jul 2019 08:18
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14222

Actions (login required)

View Item View Item