IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAME TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (

JUMARDI, JUMARDI (2019) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KOOPERATIF MODEL TEAMS GAME TOURNAMENTS (TGT) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR (. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YANG DIJURNALKAN (JUMARDI_1423041003_PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF).pdf

Download (282kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Jumardi, 1423041003. Implementasi Pembelajaran Kooperatif Model Teams Game Tournaments (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar (Studi pada Mata Pelajaran Kelistrikan Bodi Otomotif Kelas XI SMKN 2 Maros). Skripsi, Jurusan Pendidikan Teknik Otomotif, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Makassar, 2019. Dibimbing oleh Faizal Amir dan Muh. Iskandar Musa. Penelitian tindakan kelas ini (Classroom Action Research) bertujuan untuk mengidentifikasi peningkatan hasil belajar Kelistrikan Bodi Otomotif melalui pembelajaran kooperatif model Team Game Tournament (TGT) pada siswa kelas XI TKR B SMKN 2 Maros Kabupaten Maros. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR B SMKN 2 Maros berjumlah 24 orang. Penelitian dilaksanakan selama 2 siklus dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. Nilai rata-rata pada siklus I ke siklus II menunjukkan peningkatan dari 72,60 menjadi 80,83. Hasil belajar siswa meningkat menjadi 8,23 dengan ketuntasan klasikal 83,33% di siklus II. Berdasarkan hasil observasi dari siklus I dan II dimana siswa yang bertanya pada saat pembelajaran berlangsung meningkat dari 26.91% menjadi 50,70%, Aktif memberi respon meningkat dari 32,84% menjadi 65,82%, Aktif dalam game meningkat dari 56,51% menjadi 67,75%, yang dapat merangkai papan kelistrikan meningkat dari 68,18% menjadi 83,33%, Aktif dalam tournament meningkat dari 69,56% menjadi 87,50%, serta siswa yang melakukan kegiatan lain (main-main, ribut dan lain-lain) dalam proses pembelajaran menurun dari 26,77% menjadi 11,35%. Disimpulkan bahwa dengan pembelajaran kooperatif model TGT (Team Game Tournament) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Kelistrikan Bodi Otomotif kelas XI TKR B SMKN 2 Maros Kabupaten Maros.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Teknik Otomotif
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 18 Jul 2019 06:54
Last Modified: 18 Jul 2019 06:54
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14200

Actions (login required)

View Item View Item