PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP PELUANG USAHA BUSANA DI KOTA MAKASSAR

RIKA, ATRIA (2019) PENGARUH INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI TERHADAP PELUANG USAHA BUSANA DI KOTA MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
JURNAL.pdf

Download (123kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK ATRIA RIKA, 1328042028. Pengaruh Instagram Sebagai Media Promosi Terhadap Peluang Usaha Busana Di Kota Makassar (Studi kasus pada akun Instagram @diabeaproject, @famodeclothing, @maskarede.id ). Skripsi. Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar, 2019, pembimbing 1 oleh Rika Riwayani dan pembimbing 2 oleh Hamidah Suryani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui metode promosi pelaku usaha busana di Instagram dan mengetahui pengaruh Instagram sebagai media promosi terhadap penjualan busana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah informan sebanyak tiga orang yang masing-masing menjadi pelaku usaha yang ditentukan dengan menggunakan teknik purposive sampling sesuai dengan kriteria yang telah ditentukan yaitu pemilik usaha dari akun subjek penelitian. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis melalui proses mereduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode promosi yang dilakukan pelaku usaha busana dengan memanfaatkan fitur Instagram menjadi media sosial yang sangat efektif. Metoda promosi dengan memanfaatkan layanan fitur Instagram sangat menunjang untuk dijadikan media periklanan (advertising), dan hubungan Masyarakat (Public Relation). Pengaruh penggunaan Instagram terhadap peluang usaha busana di kota Makassar memberikan impact yang baik dan dapat meningkatkan penjualan produk busana. Adanya peningkatan yang jelas dari traffic kunjungan di Instagram dan semakin meningkatkan omzet penjualan. Instagram sudah cukup berpengaruh menjadi platform untuk menunjung sebuah usaha sebab sangat mendukung usaha yang berbasis E-commerce. Kata Kunci: Metode promosi, Pengaruh Instagram

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS TEKNIK > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Divisions: FAKULTAS TEKNIK
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jul 2019 06:13
Last Modified: 17 Jul 2019 06:13
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14191

Actions (login required)

View Item View Item