PENGARUH INTERNET ADDICTION TERHADAP MINAT BACA BUKU MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR

SARINA, SARINA (2019) PENGARUH INTERNET ADDICTION TERHADAP MINAT BACA BUKU MAHASISWA PENDIDIKAN SOSIOLOGI FAKULTAS ILMU SOSIAL UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.

[img]
Preview
Text
SARINA.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh internet addiction terhadap minat baca buku mahasiswa pendidikan sosiologi FIS UNM. Hipotesis yang diajukan adalah terdapat pengaruh antara internet addiction terhadap minat baca buku mahasiswa pendidikan sosiologi FIS UNM. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif korelasi. Teknik dalam menentukan sampel menggunakan random sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa aktif pendidikan sosiologi FIS UNM angkatan 2015-2018 berjumlah 283. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 142 orang yang diambil dari 50% mahasiswa disetiap angkatan. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara internet addiction dan minat baca buku pada mahasiswa pendidikan sosiologi FIS UNM yang ditunjukkan dengan perolehan koefisien korelasi r sebesar r= -0,746 dengan nilai signifikansi p= 0,000 (p < 0,05). Mahasiswa pendidikan sosiologi yang menjadi sampel penelitian ini mempunyai tingkat internet addiction pada kategori sedang, dan minat baca buku pada kategori rendah. Nilai Rsquare sebesar 0,556 yang berarti bahwa persentase pengaruh internet addiction mampu menjelaskan 55,6% minat baca buku sedangkan sisanya 44,4% dijelaskan oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: FAKULTAS ILMU SOSIAL > Pendidikan Sosiologi
Divisions: FAKULTAS ILMU SOSIAL
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jul 2019 03:37
Last Modified: 17 Jul 2019 03:37
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14183

Actions (login required)

View Item View Item