Penerapan Media I-Chat (I Can Hear And Talk) Dalam Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu Di SLB Laketu Kabupaten Luwu Timur

Sari, Nirmala (2019) Penerapan Media I-Chat (I Can Hear And Talk) Dalam Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu Di SLB Laketu Kabupaten Luwu Timur. S2 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
ARTIKEL .pdf

Download (488kB) | Preview

ABSTRAK Nirmala Sari. Penerapan Media I-CHAT (I Can Hear And Talk) dalam Menyusun Kalimat Pada Anak Tunarungu di SLB Laketu Kabupaten Luwu Timur (Dibimbing oleh Triyanto Pristiwaluyo dan Ruslan). Masalah dalam penelitian ini yaitu anak tunarungu yang mengalami kekurang dalam menyusun kalimat di SLB Laketu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana pengaruh penerapan media pembelajaran I-CHAT terhadap kemampuan menyusun kalimat terstruktur anak tunarungu di SLB Lakawali Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan media pembelajaran I-CHAT terhadap kemampuan menyusun kalimat terstruktur anak tunarungu di SLB Lakawali Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian dengan subyek tunggal (single subyek research), yaitu penelitian yang dilakukan pada dua orang saja sebagai subyek penelitiannya. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, dokumentasi dan observasi. Subyek dalam penelitian ini adalah anak tunarungu di kelas V SLB Laketu. Tehnik analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antara kondisi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa; Pada Baseline 1 (A1) terdiri dari enam sesi, di fase ini kemampuan menyusun kalimat anak tunarungu Kelas V di SLB Laketu diperoleh kecenderungan arahnya naik atau mengalami perubahan data yakni sebesar dua puluh serta termasuk pada kategori tidak stabil pada subjek YS sedangkan pada subjek RZ juga mengalami kenaikan data sebesar sepuluh dan termasuk pada kategori tidak stabil. Pada Intervensi (B) terdiri dari tujuh sesi, di fase kemampuan menyusun kalimat anak tunarungu Kelas V di SLB Laketu diperoleh kecenderungan arahnya menaik atau membaik dan terjadi perubahan level yakni sebanyak tiga puluh serta termasuk pada kategori tidak stabil atau variabel untuk subjek YS sedangkan pada subjek RZ mengalami perubahan data sebesar dua puluh dan juuga berada pada kategori tidak stabil. Pada Baseline 2 (A2) terdiri dari empat sesi, di fase ini kemampuan menyusun kalimat anak tunarungu Kelas V di SLB Laketu diperoleh kecenderungan arahnya menaik atau membaik dan terjadi perubahan level yakni sebanyak dua puluh serta termasuk pada kategori tidak stabil atau variabel untuk subjek YS sedangkan pada subjek RZ mengalami perubahan data sebesar sepuluh dan juuga berada pada kategori tidak stabil. Kata Kunci: Anak Tunarungu, Media I-CHAT, Menyusun Kalimat

Item Type: Thesis (S2)
Subjects: PASCASARJANA > Penelitian dan evaluasi
Divisions: PROGRAM PASCASARJANA
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 17 Jul 2019 02:55
Last Modified: 17 Jul 2019 02:55
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14180

Actions (login required)

View Item View Item