Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis Proyek Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar

Lamada, Mustari S. (2014) Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis Proyek Pada Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer Universitas Negeri Makassar. Lembaga Penelitian Universitas Negeri Makassar, Makassar, Indonesia.

[img]
Preview
Text (Laporan Penelitian)
7. Laporan Penelitian - Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah Pemrograman Web Berbasis....pdf - Published Version

Download (5MB) | Preview
[img]
Preview
Text (Peer Review Laporan Penelitian)
Peer Review - Laporan Penelitian Pengembangan Model Pembelajaran Mata Kuliah....pdf - Published Version

Download (392kB) | Preview

Abstract

Ringkasan: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan suatu model pembelajaran berbasis proyek pada mata kuliah u eh programming t P 8 f .-Web h Secara khusus penelitian ini bertujuan unik menemukan model pembelajaran web programming berbasis proyek (PBL-Web) yang dapat digunakan pada Program Studi Pendidikan ieknik Informatika dan Komputer. Penelitian ini akan dilaksanakan di Universitas Negeri Makassar, dengan obyek penelitiannya adalah mahasiswa Fakultas Teknik (FT) Jurusan Pendidikan Teknik Elektro Program Studi Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer. Dalam rangka mencapai tujuan dan target yang telah ditetapkan itu penelitian ini Pengembangan mode! pembelajaran web programming dalam konteks Project Based Learning yang akan dilakukan dengan menggunakan model pengembangan R and D yang dikembangkan oleh Borg & Gali. Pendekatan R&D ini untuk memverifikasi dan menilai berbagai model pembelajaran dalam proses belajar mengajar di lembaga pendidikan, termasuk model pembelajaran web programming berbasis proyek {PBL-Web) yang akan dikembangkan dalam penelitian ini. Dalam rangka kepentingan penelitian ini. diuraikan beberapa tahapan, lahapan tersebut diuraikan sebagai berikut: (1) Tahapan Research and information collection; (2) Tahapan Planning; (3) Tahapan Develop Prileminary from of Product; (4) Tahapan Preliminary Field Testing; (5) Tahapan Main Product Revision; (6) Tahapan Main Field Testingfl) Tahapan Operational Product Revision', (8) Tahapan Operational Field Testing; (9) Tahapan Final Product Revision; (10) Dissemination.Uji coba model PBU-Web dilakukan diawali dengan memvalidasi produk kepada para ahli materi dan ahli pembelajaran. Validasi produk ini direncanakan akan terintegrasi mulai dari pedoman PBL-Wcb. Perangkat perangkat pembelajaran PBL-Web. Panduan PBL- Web terdiri dari: (1) pendahuluan; (2) Tujuan; (3) Petunjuk pelaksanaan; (4) Kriteria 'l ugas; dan (5) Penutup. Sedangkan untuk perangkat pembelajaran PBL- Web terdiri dari: (1) RPP; (2) Materi Ajar; (3) Modul pemrograman: (4) ulat evaluasi. Uji coba yang dilakukan pada produk PBL-Web terdiri dart tiga tahapan vaitu: (1) Uji Coba Pendahuluan untuk melakukan evaluasi tentang produk baru yang dikembangkan dalam pembelajaran web programming berbasis proyek. Uji coba ini dilakukan pada kelompok kecil sebanyak 12 subjek yang mengujicobakan panduan PBL-Web, dan perangkat pembelajaran PBL-Web; (2) Uji Coba Kelompok Besar (Main field testing) untuk diterapkan pada kelompok besar sebanyak 40- subjek. Uji coba pada kelompok besar berupa uji coba panduan PBL-Web, perangkat pembelajaran PBL-Web, dan Instrumen penilaian PBL- Web. Uji coba ini dilakukan dengan memberikan panduan PB1 -Web kepada para mahasiswa: (3) Uji Coba Operasional akan diterapkan pada kelompok besar sebanyak 80 subjek. Uji coba pada tahapan ini berupa uji coba panduan PBL- Web, perangkat pembelajaran PBL-Web, dan Instrumen penilaian PBL-Web. IV

Item Type: Other
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: S.T., M.T. Faruq Ratuhaji
Date Deposited: 16 Jul 2019 05:48
Last Modified: 16 Jul 2019 05:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14166

Actions (login required)

View Item View Item