PELATIHAN PENERAPAN AUTENTIK ASSESMEN KEPADA MAHASISWA PPL JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNM

djumingin, sulastriningsih (2010) PELATIHAN PENERAPAN AUTENTIK ASSESMEN KEPADA MAHASISWA PPL JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA INDONESIA UNM. "Jurnal Dedikasi"Volume XII Nomor 23 Januari 2010. pp. 41-599. ISSN 0215-0891

[img]
Preview
Text
jurnal dedikasi AUNTENTIK.pdf

Download (12MB) | Preview
[img] Text
Peer Review - Artikel Jurnal Nasional Tidak Terakreditasi - Pelatihan Penerapan Autentik Assesmen....pdf

Download (863kB)

Abstract

Masalah Pendidikan yang banyak diperbincangkan adalah pendekatan pembelajaran masih di dominasi oleh guru (teacher center). Guru lebih banyak menempatkan siswa objek dan bukan sebagai subjek didik. Guru kurang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kemampuan berfikir holistik (menyeluruh ),Kreatif,Objektif dan Logis serta kurang memperhatikan ketuntasan belajar secara Individual (depdiknas, 2004) Untuk mengetahui tingkat ketuntasan peserta didik dilakukan suatu penelitian penilaian. Penilaian atau assesment merupakan kegiatan pengumpulan informasi, hasil belajar siswa untuk menetapkan apakah siswa telah menguasai kompetensi yang di tetapkan. Berdasarkan data dan informasi yang diperoleh, seorang guru dapat memberikan keputusan terhadap prestasi siswanya. Oleh karena itu, sistem penilaian harus sejalan dengan konsep yang di terapkan oleh guru. Kebiasaan yang sering dilakukan selama ini oleh guru, bahwa untuk mengetahui tingkat penerapan hasil belajar siswa lainnya melalui tes yang dilaksanakan adalah tes tertulis yang lebih mengarah pada pencapaian kognitif saja, sedangkan untuk mengetahui tingkat pencapaian psikomotor masih kurang di perhatikan siswa lebih banyak dibekali teori daripada bertindak atau praktik. Padahal apabila guru menetapkan kompetensi yang mengarah kepada perbuatan, tes yang dilakukan seharusnya tes perbuatan. Misalnya, dalam pembelajaran berbicara, siswa diberi kesempatan sebanyak banyaknya untuk berbicara, sepertibercerita, berpidato mendongeng, dan sebagainya.

Item Type: Article
Subjects: KARYA ILMIAH DOSEN
Universitas Negeri Makassar > KARYA ILMIAH DOSEN
Divisions: KOLEKSI KARYA ILMIAH UPT PERPUSTAKAAN UNM MENURUT FAKULTAS > KARYA ILMIAH DOSEN
KARYA ILMIAH DOSEN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:42
Last Modified: 07 Sep 2020 06:32
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14158

Actions (login required)

View Item View Item