SURVEI MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SMA NEGERI 10 ENREKANG

JUNAEDI, ADAM DARMAWAN (2019) SURVEI MINAT BELAJAR PENJAS TERHADAP KEMAMPUAN LOMPAT JAUH PADA SISWA SMA NEGERI 10 ENREKANG. S1 thesis, Universitas Negeri Makassar.

[img]
Preview
Text
jurnal.pdf

Download (221kB) | Preview

ABSTRAK ADAM DARMAWAN JUNAEDI, 2018. Survei Minat Belajar Penjas Terhadap Kemampuan Lompat Jauh Pada Siswa SMA Negeri 10 Enrekang. Skripsi. Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Makassar. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui: 1) Untuk mengetahui minat belajar penjas pada siswa SMA Negeri 10 Enrekang; 2) Apakah ada keterkaitan minat belajar penjas dengan kemampuan lompat jauh pada siswa SMA Negeri 10 Enrekang. Populasi penelitian ini adalah semua siswa SMA Negeri 10 Enrekang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling, yaitu mengambil sampel secara acak melalui teknik undian, yang berjumlah 30 siswa SMA Negeri 10 Enrekang sebagai sampel penelitian. Variabel penelitian ini minat belajar penjas dan kemampuan lompat jauh. Metode pengumpulan data menggunakan teknik kuesioner, tes pengukuran dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif persentase dan analisis korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Minat belajar penjas siswa SMA Negeri 10 Enrekang dalam kategori sedang karena didukung oleh beberapa faktor diantaranya faktor tertarik siswa dengan presentase 43.3%, diikuti faktor perhatian siswa 53.3% dan yang terakhir yaitu kebutuhan siswa dengan presentase 26.6%. 2) Ada hubungan yang signifikan minat belajar penjas terhadap kemampuan lompat jauh pada siswa SMA Negeri 10 Enrekang dengan nilai r sebesar 0,633.

Item Type: Thesis (S1)
Subjects: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN > Pen. Jasmani Kesehatan dan Rekreasi
Divisions: FAKULTAS ILMU KEOLAHRAGAAN
Depositing User: UPT PERPUSTAKAAN UNM
Date Deposited: 16 Jul 2019 04:48
Last Modified: 16 Jul 2019 04:48
URI: http://eprints.unm.ac.id/id/eprint/14154

Actions (login required)

View Item View Item